Berhembus Kabar 4 WNI Dibebaskan dengan Tebusan Rp14 M

lagi-empat-wni-ditawan-abu-sayyaf-di-filipina

BERITALIVE – Rabu (11/5/2016) petang mencuat kabar bahagia bahwa empat warga negara (WNI) yang disandera sejak 15 April 2016, sudah dibebaskan. Mereka sejatinya sudah dibebaskan kelompok teroris Abu Sayyaf pada Rabu dini hari.

Sebelumnya Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa pembebasan empat WNI tersebut, terjadi karena kerja sama yang baik dengan pemerintah Filipina.

Namun disebutkan media asing, Inquirer, Rabu (11/5/2016), pembebasan tersebut terjadi setelah adanya negosiasi dan pemberian uang tebusan.

Inspektur Junpikar Sittin dari Kepolisian Kota Jolo, mengatakan bahwa empat WNI yang tersandera Abu Sayyaf, dibebaskan pada Rabu dini hari dan dititipkan di luar rumah Gubernur Sulu, Abdusakur Tan II.

Empat WNI atas nama Ariyanto Misnan, Lorens MPS, Dede Irfan Hilmi dan Samsir itu kemudian dibawa ke Rumsah Sakit Teodulfo Bautista di Barangay Bus-Bus, Jolo, untuk pemeriksaan kesehatan.

Mereka disebutkan telah dibebaskan, setelah terjadi negosiasi antara kelompok Abu Sayyaf dengan Kepala Urusan Politik dari milisi Front Pembebasan Nasional Moro (MNLF), Samsula Adju.

Selain dengan negosiasi, empat WNI itu juga dikatakan telah dibebaskan setelah Abu Sayyaf, menerima uang tebusan sebesar 50 juta peso atau sekira Rp14,2 miliar.

Pembebasan ini jadi yang kedua kalinya setelah pada 1 Mei 2016 lalu, 10 WNI yang disandera hampir dua bulan oleh Abu Sayyaf juga sudah lebih dulu dilepaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *