Berlibur ke Tempat Dingin? Ini Tips Agar Daya Baterai Ponsel Tidak Cepat Habis

BERITA LIVE-

Hasil gambar untuk Berlibur ke Tempat Dingin? Ini Tips Agar Daya Baterai Ponsel Tidak Cepat Habis

Apakah diantara kalian ada yang menghabiskan liburan akhir tahun di tempat bercuaca dingin? Mungkin ada yang pergi ke wilayah pegunungan , atau bahkan ke tempat yang bersalju.

Di tempat dengan cuaca dingin, daya baterai ponsel kita lebih cepat habis, nih. Kira-kira mengapa bisa begitu, ya?

Mengapa Daya Baterai Ponsel Lebih Cepat Habis Saat Cuaca Dingin? Saat ini, hampir semua ponsel menggunakan baterai lithium-ion. Di dalam baterai ini ada ion khusus yang berfungsi menampung daya listrik. Nah, daya listrik yang ditampung oleh ion inilah yang membuat ponsel kita hidup.

Ion yang ada di dalam baterai itu punya cara kerja yang unik. Saat ion-nya memiliki daya listrik, mereka akan berkumpul di satu sisi yang dinamai anoda. Namun, saat daya listriknya terpakai dan habis, ion itu akan berpindah ke sisi lain yang bernama katoda.

Tidak Tahan Dingin

Gambar terkait

Nah, ion-ion yang ada di dalam baterai ponsel ini rupanya tidak tahan dengan suhu dingin. Saat cuaca di luar berubah menjadi dingin, ion ini akan melambat, bahkan berhenti bergerak.

Jika ionnya tidak bergerak, daya listrik yang ada di dalam ion pun tidak bisa digunakan. Jika sudah begitu, layar ponsel akan memberitahu kita kalau baterai ponsel telah habis. Padahal, yang sebenarnya terjadi adalah baterai ion berhenti bergerak.

Tips Agar Daya Baterai Tidak Cepat Habis di Tempat Dingin

Gambar terkait

Pertama, kalian bisa membawa ponsel lebih dekat dengan tubuh. Misalnya, bagian kantung dalam jaket yang kamu kenakan. Panas dari tubuh kita bisa membantu ponsel tetap hangat.

Kemudian, yang kedua, ponsel bisa dimasukkan ke dalam sarung ponsel yang rapat. Lalu, sebisa mungkin kita tidak mengeluarkan ponsel saat berada di area yang sangat dingin. Udara di sekitar kita bisa menyerap panas dari ponsel dengan sangat cepat.

Jika daya baterai ponsel yang tadinya penuh, tiba-tiba habis di tempat dingin, jangan langsung melakukan pengisian baterai. Kita hanya perlu mencari ruangan yang memiliki suhu normal dan diam di sana selama beberapa saat.

Suhu normal akan membuat ion di dalam baterai kembali seperti semula. Baterai ponsel pun akan penuh seperti sebulumnya. Kalaupun berkurang, paling hanya berkurang beberapa persen saja.

Jika kita melakukan pengisian baterai, ion-ion itu akan berubah menjadi padat. Ion yang memadat tidak bisa menampung daya listrik. Artinya, ion yang bisa menampung daya listrik di dalam baterai berkurang. Semakin sedikit ion yang bisa menampung daya listrik, semakin cepat pula baterai ponsel kita habis.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *