Bukan Jarak, Ini Arti Angka pada Papan Nama Stasiun !

BERITA LIVE-

Apakah liburan kalian ada yang bepergian menggunakan kereta? Ketika naik kereta, suka sekali memerhatikan aktivitas penumpang serta para pegawai di stasiun.

Ketika kita hendak bepergian jarak jauh, tentu kita akan melewati beberapa kali papan nama stasiun yang dituju saat sudah mendekati atau saat melewati stasiun.

Jika diperhatikan, di sudut papan nama stasiun, ada angka yang berbeda-beda di setiap stasiun. Apakah kamu tahu apa arti angka di papan nama stasiun tersebut? Ternyata artinya bukan jarak stasiun.

Ternyata, angka di papan nama stasiun merupakan petunjuk ketinggian sebuah stasiun dari permukaan laut.

Papan nama petunjuk stasiun Cikampek

Seperti gambar di atas, di depan angka biasanya ada tanda tambah (+) atau kurang (-).

Angka dengan tanda tambah (+) menandakan stasiun tersebut berada di atas permukaan laut. Sedangkan angka dengan tanda kurang (-) menandakan stasiun tersebut berada di bawah permukaan laut.

Fungsi Angka di Sudut Papan Nama Stasiun

Hasil gambar untuk Bukan Jarak, Ini Arti Angka pada Papan Nama Stasiun !

Bukan hanya menunjukkan ketinggian stasiun dari permukaan laut, angka dan tanda tadi sangat penting fungsinya, yaitu untuk menentukan pemetaan jalur, menentukan bobot kereta, dan jenis lokomotif yang sebaiknya digunakan di daerah tersebut.

Misalnya, di Stasiun Cikampek di bawah ini, pada papan pentunjuk namanya kita melihat bahwa stasiun ini berada di ketinggian 46 meter di atas permukaan laut.

Semakin tinggi letak stasiun dari permukaan laut, maka dibutuhkan lokomotif yang mampu menanjak dengan berat gerbong tertentu.

Nah, jika letak stasiun tidak terlalu tinggi dan sering terjadi banjir, maka stasiun tersebut memerlukan lokomotif jenis elektrik karena akan berisiko korsleting.

Korsleting adalah terputusnya ars listrik karena kawat yang bermuatan positif dan negatif bersentuhan, sehingga terjadi hubungan arus pendek.

Jika terjadi, itu bisa membahayakan penumpang kereta, awak kereta api, dan area sekitar stasiun itu. Wah, rupanya angka di papan nama stasiun itu fungsinya sangat penting, ya!

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *