Bukannya Bikin Jerawat Kempis, Mengoles Pasta Gigi Bisa Buatnya Makin Parah

Berita Live – Terdapat banyak mitos kesehatan yang beredar termasuk mengenai jerawat. Salah satu hal yang banyak di percaya ini adalah penggunaan pasta gigi yang bisa untuk mengempiskan jerawat.

Maka menanyakan odol untuk mengempiskan jerawat ke skin expret dokter Purnama Sari. Menurutnya, odol tidak bisa mengobati jerawat.

“Bisa ngobatin apa enggak? Enggak,” tutur Purnama.

Mungkin kandungan mint yang terdapat di beberapa odol bisa meredakan inflmasi, Namun, tergantung jenis jerawatannya.

” Kalau jerawat yang black komedo atau white komedo itu enggak ada effeknya. Mungkin jerawat yang ada inflmasi, mungkin bisa sedikit membantu mengempiskan peradangan, Kata Purnama.

Purnama meningkatkan efek samping lain mengoleskan odol ke jerawat. Jika odol yang di pakai tidak steril malah bisa membuat jerawat makin parah.

” Kan odol bukan antiseptik, kalau odolnya tidak bersih malah bisa memicu infeksi, bisa bikin jerawtanya makin parah, tuturnya lagi.

Lebih Baik Pakai Obat Jerawat

Daripada mencoba hal yang belum tentu benar, Purnama menyarankan untuk menggunakan produk yang memang di buat untuk mengatasi jerawat. Ada beberapa produk obat jerawat yang dijual bebas (over teh counter) yang bisa di dapatkan di pasaran.

“Tentu lebih aman kalau pakai obat jerawat,” kata Purnama.

Dia pun mengingatkan kembali fungsi odol adalah untuk gigi bukan mengatasi jerawat. Tentu kandungan di dalam odol tidak di tujukan untuk mengatasi jerawat.

“Biasanya obat jerawat itu ada kandungan antiseptik, antibakterial. Jadi, obat jerawat akan lebih efektif untuk mengatasi jerawat dari pada odol,” ungkapnya.

Ketika jerawat yang muncul ini sudah sangat menggangu, sebaiknya segera berkonsultasi dengan pakar kesehatan. Hal ini bisa membantu jerawatmu teratasi dengan cara yang aman.

{cr}

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *