Cara Hemat Uang Bulanan Untuk Pengantin Baru

BERITALIVE – Biasanya, wanita yang baru menjalani kehidupan rumah tangga akan sedikit kesusahan saat belanja, karena kebutuhan yang dibeli bukan lagi bagi diri sendiri.

Siapapun tenti tak mau jika sampai keluarga berantakan hanya karena masalah uang. Maka menyusun strategi mengelola keungan harus baik dan benar. Bagaimana caranya ?

1. Berhemat Dengan 4 Amplop

Kebutuhan per bulan bisa dibagi jadi 4 amplop. Dimana masing-masing amplop berisi daftar kebutuhan per minggu. Catat jumlah pengeluaran dari munggu ke minggu, lalu masukan uangnya ke dalam amplop itu.

 

2. Menu Makanan Mingguan

Dalam seminggu, sebaiknya siapkan 21 menu makanan yang beda untuk disantap tiap hari. Tentukan makanan seperti apa yang diinginkan dan beli bahannya untuk satu minggu agar kamu tak perlu sering ke pasar atau supermarket.

 

3. Menyimpan Semua Struk

Pengeluaran akan lebih terkontrol jika sang istri melakukan evaluasi rutin terhadap uang yang sudah dibelanjakan. Evaluasi dapat dilakukan dengan menyimpan seluruh struk belanja, mulai dari minggu pertama hingga minggu terakhir.

 

4. Bayar Belanjaan Secara Tunai

Supermarket dan pusat perbelanjaan memiliki cara untuk meningkatkan daya berli, salah satunya dengan memberikan diskon lewat kartu debit atau kredit. Kebiasaan menggesek dengan kartu debit atau kredit membuat kamu lebih konsumtif saat belanja yang berakibat munculnya utang.

 

5. Perhatikan Kualitas

Membeli produk dari merek ternama tentu akan menaikan gengsi. Tapi apa arti sebuah gengsi jika ternyata barang murah memiliki fungsi yang sama dibanding dengan barang mahal itu. Beli hanya karena barang tersebut memiliki kualitas yang bagus, bukan karena barang itu bermerek.

 

(IAW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *