Cara Memastikan Benjolan Dalam Tubuh Merupakan Tumor Atau Bukan

BERITA LIVE– Gejala utama dalam sebuah penyakit kanker berupa adanya benjolan tidak normal pada tubuh, baik itupada tubuh bagian permukaan yang dapat dilihat ataupun diraba oleh penderita sendiri seperti payudara, kulit, kelenjar gondok, jaringan lunak dan lainnya , dan juga pada bagian tubuh bagian dalam yang tidak dapat diraba apalagi dilihat dari luar oleh penderitanya seperti pada usus, rahim, leher rahim, ginjal, paru ,otak dan lainnya.

Bagaimanakah cara menentukan akan suatu benjolan dalam tubuh itu ialah tumor jinak ataukah tumor ganas (kanker ) ?
Untuk bisa sampai pada tahap memperkirakan kemungkinan benjolan tersebut adalah kanker, diperlukan beberapa tahapan pemeriksaan, Tahapan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

Data epidemiologi dari penderita.
Riwayat perjalanan penyakit.
Ada-tidaknya faktor resiko.
Ada tidaknya gejala penyebaran dari tumor itu sendiri.
Pemeriksaan fisik oleh dokter
Pemeriksaan penunjang yang dilakukan.
Data epidemiologi berupa jenis kelamin, usia, tempat tinggal, jenis pekerjaan, erat kaitannya dengan kanker jenis tertentu.

Kalau pembesarannya lambat sekali, umumnya tumor jinak, bukan kanker.
Biasanya dihitung tumor doubling time, yaitu waktu perkiraan kasar dimana tumor memperbanyak dua kali dari volumenya semula. Bila berkisar 8-200 hari, dicurigai suatu kanker. Misalkan tumor saat pertama kali diketahui sampai terakhir dirasakan membesar 5 kali dalam waktu 6 bulan, maka tumor doubling timenya sekitar 36 hari, maka benjolan itu dicurigai suatu kanker.

Benjolan berupa kanker mempunyai sifat menyebar ke jaringan atau organ sekitarnya maupun menyebar ke kelenjar getah bening tempat alirannya dan menyebar jauh melalui pembuluh darah ke paru, liver, tulang, otak dan lainnya.
Sebagai contoh pada kanker payudara kanan akan menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak kanan atau di tulang selangka (clavicula) kanan, juga dapat menyebar ke paru, liver, tulang. Jadi kalau ada benjolan di payudara disertai ada benjolan di ketiak, harus dicurigai benjolan itu adalah kanker. Juga bila dalam pemeriksaan foto paru ditemukan adanya benjolan atau nodul di paru, maka kemungkinannya adalah kanker. (SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *