Cara Membersihkan Wajah yang Benar Menurut Dokter

BERITA LIVE – Memiliki kulit wajah yang mulus dan bebas jerawat menjadi idaman banyak wanita. Agar mendapatkan kulit wajah yang sehat dan glowing pastinya dengan merawat dan menjaga kebersihannya. Agar tidak salah dalam membersihkan wajah, berikut ini cara membersihkan wajah yang benar menurut dokter kulit.

“Kalau wajahnya kotor banget yang pertama bersihkan minyak lawan minyak. Minyak lawan minyak itu pilihannya bisa susu pembersih, bisa oil cleanser, atau kalau terpaksa micellar water,” kata dr. Eddy Karta, Sp.KK, PhD saat ditemui dalam acara Senka di The MAJ Senayan, Jakarta pada Selasa (18/02/2020).

Dokter Eddy mengatakan cara membersihkan wajah yang benar adalah dengan menggunakan teknik double cleansing. Pertama dengan menggunakan susu pembersih, oil cleanser, atau micellar water.

Cara membersihkan wajah yang benar selanjutnya adalah dengan membersihkan wajah menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit. Setelah tahapan tersebut selesai barulah menggunakan toner untuk mengangkat sisa-sisa makeup yang masih menempel.

Dokter Eddy juga tidak menampik anggapan yang mengatakan bahwa mencuci wajah yang terlalu sering dapat menyebabkan wajah justru menjadi kering. Oleh sebab itu dr. Eddy menyarankan untuk mencuci wajah dengan tidak terlalu sering.

“Betul sih kalau terlalu sering mencuci wajah malah bikin kulit kering. Minimal dua kali. Pagi bangun tidur dan setiap pulang beraktivitas,” kata dr. Eddy.

Dokter Eddy menjelaskan mencuci wajah pada pagi hari sangat penting, terutama jika kita menggunakan skincare atau pelembab pada malam hari. Hal ini karena pelembab yang dipakai pada malam hari akan kedaluwarsa setelah delapan jam.

“Kenapa pagi bangun tidur penting karena kalau kita pakai moisturizer malam, moisturizer itu ada umurnya, delapan jam basi di wajah. Jadi itu harus dibersihkan. Jangan sampai ada moisturizer yang sisa dari semalam sampai pagi, siang,” jelas dr. Eddy.

Namun jika kamu merasa makeup yang kamu gunakan tidak terlalu berat dan tidak menggunakan produk-produk waterproof, misalnya hanya pelembab dan bedak maka kamu bisa langsung mencucinya dengan sabun saja. Dokter Eddy juga menyarankan jika memang pada malam hari sudah tidak sempat lagi mencuci wajah maka setidaknya kamu bisa membasuh wajah dengan air. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *