Cara Mengidentifikasi Ular Berbisa

BERITALIVE – Pemberitaan seputar temuan ular memang mengejutkan banyak pihak. Mulai dari penemuan dalam toilet, King Cobra yang menggigit seorang penyanyi, piton menelan manusia, dan lainnya.

Kejadian seperti itu tentu membuat kamu jadi lebih waspada. Jika bertemu ular, kamu harus tenang dan memperhatikan apakah ular tersebut berbisa atau tidak dengan cara berikut ini :

1. Mata

Ular tidak berbisa memiliki pupil yang terlihat bulat. Sementara jenis yang berbahaya terlihat lebih vertikal.

 

2. Lubang Sensor

Apabila ular itu punya heat-sensitive pit atau semacam lubang sensor, maka dipastikan ia memiliki bisa yang amat mematikan.

 

3. Bentuk Kepala

Ular yang memiliki bentuk kepala segitiga atau bentuk kepala lebih besar daripada leher maka dipastikan ia memiliki bisa. Jika ular yang berkepala bulat, maka ia tidak berbisa.

 

4. Corak Ekor

Ular berbisa memiliki satu garis melingkar serupa cincin pada ekornya. Ular yang tidak berbisa memiliki garis yang terlihat memisahkan dua baris sisik di ujung ekornya.

 

5. Identifikasi Warna

Ular yang berbisa biasanya memiliki warna cerah dan juga suka mendesis. Ular yang berbisa biasanya bersikap lebih agresif.

 

6. Identifikasi Jumlah Corak

Ular berbisa memiliki corak pola berlian pada tubuhnya. Ular yang memiliki tiga warna pada tubuhnya juga berbisa.

 

7. Cara Berenang

Ular berbisa akan agresif saat berenang. mereka terlihat mengapung di atas air dan memperlihatkan seluruh bagian tubuhnya. Kalau ular tidak berbisa, biasanya hanya bagian kepalanya saja yang terlihat.

 

(IAW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *