Cara Pindahkan Kontak ke Smartphone Baru

BERITLAIVE – Salah satu alasan orang enggan mengganti handphone adalah takut kontak yang telah tersimpan pada perangkat yang lama akan hilang. Lalu hal apa yang harus dilakukan agar data yang tersimpan pada perangkat lama dapat digunakan kembali pada perangkat baru.

Dilansir dari Android Pit, berikut solusi mudah yang bisa diterapkan dalam memindahkan kontak dari smartphone lama ke smartphone baru. Pertama coba lakukan dengan cara transfer kontak lewat memori internal. Dalam hal ini Anda hanya perlu menghubungkan perangkat ke PC dan menemukan file .vfc pada /System di perangkat Anda.

Kemudian, salin file tersebut ke lokasi yang ada di PC dan transfer ke perangkat baru Anda. Selanjutnya, masuk ke ‘Address book’, ‘import’ ke ponsel baru Anda, lalu pilih ‘Internal storage’. Temukan lokasi file .vfc, buka dan import ke daftar kontak.

Selain itu, Anda juga bisa melakuka sinkronisasi melalui akun Google. Disini Anda hanya perlu menggunakan akun Google pada smartphone lama dan menggunakannya pada smartphone baru.

Semisal pada perangkat lama Anda menggunakan email [email protected], masukkan kembali alamat email ini pada smartphone baru. Selanjutnya, pilih Setting, Account, Google dan aktifkan sinkronisasi kontak pada pengaturan Contact Sync.

Terakhir lakukan transfer kontak melalui microSD, jika perangkat lama dan baru memiliki slot microSD, transfer kontak dapat dilakukan dengan cara ini. Langkahnya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka kontak pada smartphone lama, kemudian pilih import atau export. Selanjutnya, export ke storage.

Kemudian, masuk ke buku alamat, kemudian import di bagian menu dan terus ikuti petunjuk yang diberikan. Sayangnya, cara ini memungkinkan adanya duplikasi kontak, apalagi jika Anda melakukan sinkronisasi pada akun Google. (WS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *