Cara Sehat dengan Mengkonsumsi Alpukat untuk Tubuh

BERITA LIVE –  Sejak kecil Andhi (29) memang memiliki perawakan kurus. Ia sudah makan banyak pagi, siang, malam diselingi camilan tapi tetap kurus. Upaya menaikkan berat badan beberapa bulan terakhir tak kunjung memperlihatkan hasil.

Makan banyak seperti yang Andhi lakukan, bisa jadi berbahaya. Ada risiko orang-orang yang kurus atau memiliki indeks massa tubuh di bawah 18,5 terkena penyakit tidak menular. Hal ini terjadi karena mereka jadi bebas makan apapun dan tidak berolahraga, padahal tetap ada risiko kesehatan di baliknya.

“Ada banyak studi epidemiologi yang menunjukkan orang dewasa yang kurus terkait dengan angka kematian lebih tinggi,” kata profesor di bidang gerontologi University of Cambridge, Inggris, Kay-Tee Khaw seperti dilansir Time, Minggu (4/11/2018).

Nah, bagi Anda yang merasa kurus dan ingin menaikkan berat badan dengan cara sehat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama-tama awali dengan menambahkan makan sehat dan lebih padat nutrisi ke menu diet Anda seperti disampaikan ahli metabolisme dan diabetes dari Louisiana State University’s Pennington Biomedical Research Center, Eric Ravussin.

Perbanyak asupan yang tinggi lemak sehat seperti minyak zaitun, avokad, kacang, selai kacang, biji-bijian, dan ikan. Lalu, ganti makanan olahan susu yang rendah lemak menjadi yang full fat. “Itu adalah cara  memasukkan lemak sehat ke menu,” kata Eric.

Selain itu, Eric juga merekomendasikan makan camilan sehat sebesar 300 kalori pada pagi dan sore hari.

“Bagi Anda yang ingin menambah berat badan, makan lebih sering itu akan menguntungkan,” katanya.

Saat makan besar, di piring tidak hanya ada lemak saja. Pastikan ada sayur, biji-bijian, kacang polong, protein. Itu semua menghindari kekurangan nutrisi.

Selain asupan makanan, olahraga juga faktor penting yang perlu dilakukan untuk meningkatkan indeks massa tubuh.

“Otot kan lebih berat dari lemak, dan latihan beban adalah cara baik untuk membangun otot,” kata Eric.

Selain itu, olahraga juga akan membuat nafsu makan meningkat. Membuat orang yang ingin naik berat badan nafsu makannya meningkat.

Alangkah baiknya, jika ingin menaikkan berat badan juga berkonsultasi ke pakarnya seperti ke dokter spesialis gizi klinis.

[dv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *