Cegah Masalah, Ketahui Cara Yang Tepat Untuk Membersihkan Sikat Gigi

Berita Live – Menjaga kebersihan pada tubuh merupakan suatu hal yang kerap kali sangat kita perhatikan. Sayangnya pada alat-alat kebersihan tersebut, kita sering luput membersihkannya dengan benar.

Kesalahan ini juga biasa kita lakukan pada sikat gigi yang kita gunakan sehari-hari. Seringkali kita lalai dalam menyimpan dan membersihkannya dengan tepat.

Pada sikat gigi yang biasa kita gunakan, setiap kali kita memakainya, maka plak, bakteri serta mikroorganisme lainnya biasanya akan semakin menumpuk. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan sikat gigi?

Dilansir dari Healthline, sebenarnya terdapat cara sederhana untuk membersihkan sikat gigi. Kamu bisa menyiramnya dengan air mengalir sebelum dan setelah digunakan. Pastikan juga untuk menggunakan air panas dalam melakukannya agar bakteri yang ada bisa menghilang.

Cara ini juga bisa menghilangkan bakteri yang menempel di sikat gigi. Pastikan untuk melakukannya karena sikat gigi cenderung terkontaminasi bakteri dan kuman dari toilet.

Menyiram dengan air mengalir bisa membuat bakteri yang menempel jadi terlempar ke udara. Pastikan juga untuk membuat sikat gigi sejauh mungkin dari toilet.

Tempat menyimpan sikat gigi juga sangat berpengaruh terhadap kebersihannya. Pastikan disimpan di tempat yang aman dan terkena udara agar baktei tidak menumpuk di dalamnya.

Menggunakan Hidrogen Peroksida

Ini Cara Menyikat Gigi yang Benar | Pasta Gigi enzim

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk membunuh kuman dan mikroorganisme adalah dengan menggunakan hidrogen peroksida. Hal ini terutama ketika sikat gigi dalam kondisi yang kotor.

Kamu juga bisa menggunakan obat kumur untuk membersihkan sikat gigi. Pastikan saja memilih produks yang mengandung alkohol untuk membersihkannya dengan tepat.

Penelitian bahkan membuktikan bahwa sikat gigi yang direndah pada hidrogen peroksida dengan kandungan tiga persen atau obat kumur berbahan alkohol diketahui 100 persen bebas kuman. Gunakan larutan itu dan rendam sikat gigi selama 15 menit kemudian siram dengan air panas untuk membersihkannya dengan tepat.

Hal lain yang juga perlu dilakukan adalah pastikan untuk mengganti sikat gigi setiap tiga hingga empat bulan. Hal ini bisa memastikan agar sikat gigi tetap bersih untuk digunakan.

-Cr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *