Curhatan ke Pak Amien Rais

Ir. KPH. Bagas Pujilaksono WIDYAKANIGARA, M. Sc. Lic. Eng., Ph. D.

UNIVERSITAS GAJAH MADA

Berita live –  Diawal tahun 1990 , ketika saya baru awal menjadi dosen UGM , saya sudah mengenal Bapak sebagai dosen UGM . Saya lahir 2 Februari 1965. Mungkin beda usia kita terlalu jauh .

Fakultas kita beda: saya fakultas teknik dan Bapak dari fakultas isipol. Dengan berjalannya waktu, saya makin dan semakin mengagumi Bapak, walau belum sempat mengidolakan, Bapak sebagai dosen UGM yang sangat peduli menyuarakan kebenaran dan keadilan, dan mendobrak tirani atas dua hal tersebut. Kita sama-sama dilahirkan dari UGM: kampus biru, kampus kebangsaan yang menjunjung tinggi Pancasila, dan menjaga keutuhan NKRI dalam keberagaman.

Konon kata orang: bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri.

Terus saya perhatikan sepak terjang Bapak: dari keterlibatan Bapak bersama-sama mahasiswa sukses menjatuhkan rezim tirani ORBA, yang tentunya Bapak sebagai akademisi punya argumen rasional untuk itu, hingga proses-proses demokratisasi Indonesia pasca reformasi. Bapak saya lihat selalu berperan aktif dan selalu menonjol.

Luarbiasa, di Jogja, saya tahu Bapak juga aktif di bidang sosial kemasyarakatan: Sekolah Budi Mulya. Anak saya yang paling besar pernah sekolah di Playgroup dan TK Budi Mulya. Berkat doa pak Amien Rais, anak saya yang alumni Teknik Mesin, UGM September 2018 akan berangkat menempuh program S2/S3 di Cambridge University, UK mengambil bidang High Temperature Materials. Salut untuk bapak Amien Rais.

(YL)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *