Dampak Buruk Akibat Terlalu Sering Mencuci Rambut

BERITA LIVE– Memiliki rambut yang bersih, wangi dan terhindar dari kutu merupakan dambaan bagi setiap orang. Maka dari itu banyak orang begitu merawat rambutnya dengan cermat termasuk mencuci rambut secara rutin. Namun terlalu sering mencuci rambut atau keramas, bukanlah cara yang benar agar rambut sehat dan indah. Ada beberapa efek samping buruk yang ditimbulkan akibat terlalu sering mencuci rambut. Berikut adalah akibat yang ditimbulkan karena terlalu sering mencuci rambut atau keramas.

Ini Dampak Buruk Akibat Terlalu Sering Mencuci Rambut

Rambut Kering
Mencuci rambut bertujuan untuk menjaga keadaan rambut tetap bersih dan sehat. Selain itu, masalah rambut berminyak seringkali membuat seseorang memutuskan untuk melakukan keramas secara berlebihan. Hal tersebut sebenarnya membuat kandungan minyak di rambut Anda berkurang dari yang seharusnya. Pada akhirnya rambut Anda akan kekeringan akibat habisnya kandungan minyak yang sebenarnya dibutuhkan juga oleh rambut.

Rontok
Coba perhatikan saat Anda menyisir rambut yang masih dalam keadaan basah, tentunya mudah sekali rontok bukan? Ketika Anda terlalu seirng berkeramas maka semakin sering Anda mengalami kerontokan. Lagi-lagi bahan kimia pada sampo juga memengaruhi kekuatan akar rambut. Sehingga ketika retensi keramasan Anda sudah berlebihan, akar rambut tidak akan kokoh dan membuat rambut mudah rontok.

Ketombe
Terlalu sering mencuci rambut juga bisa menyebabkan rambut menjadi berketombe. Kulit kepala Anda akan lecet karena terlalu sering berkeramas. Belum lagi kandungan bahan kimia dari sampo yang Anda gunakan juga tidak baik dipakai terlalu sering. Kulit mati di kepala lama-kelamaan berubah menjadi parasit kepala yang akhirnya menjadi ketombe yang sulit dibersihkan.

Gatal
Selain menyebabkan ketombe, keramas yang dilakukan secara berlebihan juga membuat kulit kepala Anda menjadi gatal. Hal tersebut disebabkan karena tingkat keasaman pada kulit kepala Anda tidak seimbang sehingga Anda akan merasakan gatal seperti ada kutu rambut di kepala.

Kusut
Seperti yang sudah dijelaskan jika mencuci rambut secara berlebihan bisa membuat rambut menjadi kering. Kondisi rambut yang kering membuat rambut jadi sulit diatur sehingga rambut akan mudah kusut. Rambut kusut juga akan membuat Anda kesulitan saat harus menyisirnya. Penampilan menjadi tidak sempurna karena rambut yang kusut dan rasa percaya diripun berkurang.
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *