Dampak dari Kurang Mengkonsumsi Air Putih untuk Kesehatan

 

BERITA LIVE –  MEMANG sulit untuk menentukan seberapa banyak air yang harus kita minum setiap hari.

Para ahli kesehatan bahkan belum menemukan jumlah yang tepat karena mempertimbangkan sejumlah variabel. Tubuh kita membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik.

Namun penting untuk diketahui, jika jumlah air yang kita minum cenderung sedikit, hal tersebut justru dapat memicu dehidrasi dengan gejala lain yang lebih luas.

Cepat lelah

Meski telah mendapatkan waktu tidur yang cukup, tubuh akan merasa cepat lelah jika dalam kondisi dehidrasi. Tanpa asupan air yang cukup, proses metabolisme di dalam tubuh akan terhambat. Secara tidak langsung, hal ini akan memicu timbulnya dehidrasi yang dapat menguras energi Anda.

Sakit kepala

Tidak hanya menguras energi, kurang minum air juga dapat memicu sakit kepala yang hebat. Pasalnya, tanpa air yang cukup, tubuh tidak dapat memenuhi kebutuhan sel-sel yang ada di dalam otal. Jika sudah demikian, otak Anda sebenarnya akan menyusut dan kehilangan cairan.

Mudah marah

Saat kelaparan sebagian orang memang cenderung mudah tersulur emosi. Tapi tahukah Anda jika hal tersebut juga berlaku ketika Anda sedang kehausan? Penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi dapat memengaruhi suasana hati manusia secara signifikan.

Tidak fokus

Dua penelitian yang sama juga menyelediki efek dehidrasi pada kemampuan seseorang untuk berpikir jernih. Ditemukan bahwa dehidrasi tidak dapat membantu seseorang untuk berpikir jernih.

Sebaliknya, efek dari dehidrasi justru akan membuat seseorang kehilangan fokus. Jadi ingat, sebelum Anda mengikuti ujian, interview kerja, atau menghadiri rapat penting, pastikan Anda telah meminum air yang cukup.  [dv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *