Dapatkah Kunyit Meredakan Asam Lambung? Ketahui Hal yang Harus Diperhatikan!

BERITA LIVE-

Pernahkan anda mendengar asam lambung? Penyakit asam lambung juga dikenal dengan istilah refluks asam. Refluks asam bisa menyebabkan heartburn dan gejala lain seperti batuk, tenggorokan sakit, rasa pahit di belakang tenggorokan, rasa asam di mulut, dan tekanan di sekitar dada.

Salah satu bahan alami yang disebut bisa meredakan penyakit asam lambung adalah kunyit. Jika benar begitu, bagaimana cara menggunakan kunyit sebagai pereda asam lambung, ya?

Penyakit atau refluks asam bisa terjadi ketika salah satu bagian di saluran antara esofagus (kerongkongan) dan labung, tidak berfungsi seperti seharusnya.

Di antara lambung dan esofagus, terdapat sebuah otot yang menghubungkan keduanya, namanya lower esophageal sphincter atau LES. Fungsi otot itu adalah mengencangkan saluran esofagus setelah makanan masuk ke lambung.

Nah, jika otot itu lemah atau tidak berfungsi dengan tepat, maka refluks asam bisa terjadi. Refluks asam adalah kondisi ketika cairan asam lambung bisa naik kembali ke esofagus.

Gunakan Jahe dan Kunyit Untuk Obat, Dokter: Harus Ada Evidence Based

Benarkah Kunyit Baik untuk Meredakan Asam Lambung?

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayuverda di India. Biasanya, kunyit digunakan untuk meredakan nyeri sendi, juga melancarkan pencernaan dan fungsi hati.

Tahukah kamu? Kunyit mengandung senyawa antiperadangan dan antioksidan yang tinggi.

Di dalamnya ada curcumin, yang merupakan antioksidan. Kandungan curcumin ini disebut memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antikanker.

Meski punya banyak manfaat, belum ada penelitian yang secara khusus mempelajari dampak penggunaan kunyit pada penyakit aam lambung.

Di sisi lain, penelitian tahun 2007 menyebutkan bahwa penyakit asam lambung dan GERD (gastroesophageal reflux disease, penyakit yang lebih kronis dari asam lambung), disebabkan oleh peradangan dan stres oksidatif.

Penelitian itu menyarankan bahwa gangguan penyakit asam lambung harus diatasi dengan antioksidan dan antiperadangan.

Penelitian tahun 2011 menemukan bahwa curcumin memiliki efek antiperadangan yang bisa mencegah peradangan pada esofagus atau kerongkongan.

Nah, kunyit dan ekstrak kurkumin di dalamnya memiliki antioksidan dan antiperadangan, sehingga kemungkinan bisa meredakan penyakit asam lambung dan GERD.

Hati-hati, Efek Samping Kunyit Ini Perlu Anda Waspadai

Memanfaatkan Kunyit untuk Meredakan Asam Lambung

Jika ingin menggunakan kunyit sebagai pereda asam lambung, kunyit bisa dikeringkan dan ditumbuk, kemudian, bubuknya bisa diseduh dan diminum.

Namun, suplemen yang dibuat dari kunyit bisa jadi lebih baik untuk memenuhi kebutuhan sebagai obat.

Sebabnya, tubuh kita tidak terlalu baik menyerap curcumin dalam kunyit, sebabnya, zat itu melalui proses metabolisme dengan cepat oleh organ hati dan dinding usus.

Kunyit bisa ditingkatkan penyerapannya di tubuh jika dikonsumsi dengan senyawa piperine. Senyawa itu terkandung dalam lada hitam. Sehingga, ada suplemen yang mencampurkan dua bahan ini supaya lebih baik efeknya.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *