Dessert dari Kanada, Wajib Dicoba untuk Kamu Penyuka Manis!

BERITA LIVE – Sajian kuliner di Kanada sangat beragam dan berbeda di tiap-tiap daerahnya. Keragaman tersebut muncul karena adanya pengaruh dari negara-negara di Eropa seperti Inggris dan Prancis. Terjadinya imigrasi yang cukup besar pada abad ke-20 juga membuat negara tersebut kaya akan berbagai makanan yang dipengaruhi oleh cita rasa Asia. Tak hanya pada makanan utama saja, berbagai akulturasi pada sajian kulinernya juga dapat ditemukan pada makanan penutup atau dessert. Berikut ini beberapa di antaranya!

Pouding chomeur

Pouding chômeur à la crème d'érable | Érable du Québec

Pouding chomeur adalah salah satu dessert yang sangat populer di Kanada yang diciptakan oleh seorang pekerja pabrik pada masa great depression. Hal yang unik dari pudding ini adalah cara membuatnya di mana sirup atau karamel dituang terlebih dahulu ke dalam adonan sebelum adonan tersebut dipanggang. Setelah dipanggang, lapisan sirup dan karamel tersebut akan menebal dan mengumpul di bagian bawah pudding. Pouding chomeur biasanya disajikan ketika masih hangat dengan tambahan es krim atau krim kocok.

Pets de soeur

Pets de soeur à l'érable - Je Cuisine

Pets de soeur yang juga bisa disebut sebagai brown sugar rolls adalah pastry hasil perpaduan resep Prancis dan Kanada. Pastry tersebut diisi dengan mentega dan gula merah yang kemudian digulung, dipotong, dan dipanggang. Pets de soeur yang biasanya dihidangkan menjelang hari natal ini juga mempunyai berbagai variasi lain. Selain mentega dan gula merah, isian di dalamnya juga dapat diganti dengan cinnamon, saus karamel, atau sirup maple.

Thunder bay persian rolls

An Unexpected Road Trip to Thunder Bay, Ontario | Wander The Map

Roti yang sering disebut dengan nama persian ini merupakan roti gulung manis yang berbentuk bun. Di bagian atasnya biasanya ditambahkan icing berwarna merah muda yang terbuat dari raspberry atau strawberry. Hingga kini, persian versi lama juga masih dapat ditemui di beberapa restoran. Versi lama dari persian ini dibuat dengan cara memotong roti tersebut menjadi dua bagian dan setelah itu masing-masing bagian dipanggang menggunakan pan. Kedua bagian roti yang telah dipanggang tersebut kemudian ditambah dengan sedikit icing di atasnya.

Nanaimo bar

Classic Nanaimo Bars (No-Bake) | Liv for Cake

Nanaimo bar merupakan dessert yang berbentuk bar yang tidak memerlukan proses pemanggangan untuk membuatnya. Penamaan nanaimo sendiri diambil dari kota Nanaimo yang terletak di Vancouver. Dessert ini terdiri dari tiga lapisan, yaitu wafer, kacang, dan remahan kelapa. Biasanya ditambahkan pula krim cokelat di bagian paling atas dari lapisan-lapisan tersebut. Kacang yang yang digunakan pun bervariasi seperti walnut, almond, atau pecan.

Flapper pie

Canadian Flapper Pie – 12 Tomatoes

Flapper pie adalah pie tradisional yang berasal dari bagian barat Kanada. Komponen utama dalam pie ini yaitu remahan graham cracker, vanilla custard filling, dan topping yang berupa meringue atau krim kocok. Untuk mendapatkan rasa yang manis sekaligus gurih, graham cracker dicampur dengan mentega cair, gula, dan cinnamon. Selain itu, tidak hanya menggunakan susu, vanilla filling dalam pie ini juga dibuat dengan campuran tepung jagung.

Maka itulah beberapa sajian dessert khas yang bisa kalian temui di Kanada. Selain memiliki rasa yang manis dan lezat, berbagai sajian dessert tersebut telah dikonsumsi sejak lama dan memiliki sejarah tersendiri bagi masyarakat di negara tersebut. So, dessert mana yang membuatmu tertarik untuk mencobanya?

-Gr-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *