Di Luar Lonjakan Kasus Itaewon, Cara Korsel Tangani Virus Corona Dipuji Dunia

Berita rakyat – Korea Selatan telah dipuji dunia karena penanganannya yang efektif terhadap penyebaran awal Virus Corona COVID-19. Bahkan negeri ginseng itu dijadikan model untuk menunjukkan bagaimana pemerintah yang demokratis dalam mengalahkan virus.

Para pejabat di Korea Selatan mulai melonggarkan beberapa pembatasan sosial pada awal Mei 2020 karena jumlah kasus baru menyusut dalam beberapa hari. Tetapi pada pekan lalu, ratusan kasus baru telah dikonfirmasi dan hampir semuanya terkait dengan klub malam di distrik Itaewon, Seoul.

Para ahli mengatakan, Korea Selatan memiliki sistem yang efektif untuk mengendalikan wabah baru, dan fleksibilitas untuk memperketat pembatasan lagi apabila diperlukan.

Dr. Gavin Yamey, Direktur Pusat Dampak Kebijakan dalam Kesehatan Global di Duke Global Health Institute, mengatakan, “Sangat mungkin bahwa kita akan melihat siklus pelonggaran pembatasan, kemudian pengetatan lagi, sampai kita telah mencapai tingkat kekebalan populasi yang akan menjadi pelindung, baik dari vaksin atau dari cukup banyak orang yang terinfeksi, pulih dan mengembangkan jangka panjang, tahan lama kekebalan,” seperti dikutip dari Time, Rabu (13/5/2020).

Korea Selatan tidak pernah memberlakukan lockdown ketat yang dilakukan oleh banyak negara di barat. Para pejabat di negara itu berhasil meratakan kurva dengan respons kesehatan masyarakat yang kuat berdasarkan pengujian ekstensif dan penelusuran kontak bertenaga teknologi, dibantu oleh jarak fisik dan kerja sama publik.

Berdasarkan hal tersebut, jumlah kasus Virus Corona COVID-19 di Korea Selatan tetap berada di bawah 11.000, dengan kurang dari 260 orang meninggal dunia.

(WA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *