Dua Jambret Gagal Beraksi Langsung Nyebur Ke Sungai Usai Takut Digebuki Massa

BERITALIVE – Aksi penjambretan yang dilancarkan dua pemuda mengendarai motor Verza gagal total. Keduanya dikejar warga sampai terjatuh dari motornya, lalu nekad menyebur ke Sungai Mencirim, berenang hingga akhirnya ditangkap warga yang telah menunggu di atas bibir sungai, Minggu (8/7/2018)

Keduanya, yakni berperan sebagai pengendara, Andre Rahmadika (24) seorang pengangguran warga, Jalan Salak Lingkunga II Kelurahan Limau Sunde Kecamatan Binjai Barat. Rekannya yang di boncengan Ahmad Apriansyah als Apri (20) pekerjaa tidak menetap, warga yang sama dengan Andre.

Kasubbag Humas Polres Binjai menjelaskan bahwa kedua pria ini diamankan oleh warga di Jalan Tuan Syeh Rukun Kelurahan Pekan Binjai Kecamatan Binjai Kota. Keduanya berupaya menjambret tas milik korban, Lie Lian Hwe (65) seorang penjual kue warga Jln Teratai Baru No.07 Kelurahan Pekan Binjai Kecamatan Binjai Kota.

“TKP Jalan Dewi Sartika Kelurahan Pekan Binjai Kecamatan Binjai kota. Pelaku melakukan Tindak Pidana Pencurian yang disertai dengan kekerasan sesuai Lap Polisi Nomor LP/47/VII/2018/SPK”C”BJ Kota tgl 08 Juli 2018,” kata AKP Lengkap Tarigan.

Dijelaskan AKP Lengkap Tarigsn, kronologis kejadian dan penangkapan bermula Andre mengemudikan motor Verza warna hitam tanpa Nomor Polisi, dan membonceng Apri. Kedua pelaku datang dari arah Jalan Dewi Sartika Kelurahan Pekan Binjai Kecamatan Binjai Kota. Saat melihat target, Apri menarik tas korban yang diapit di sela ketiaknya.

PPersisnya di depan jualan pecal, korban Lie Lian Hwa sedang berjalan kaki mengapit tas dompetnya di ketiak lengan kiri menuju pajak Tavip untuk berbelanja. Kemudian dari depan ibu itu pelaku yang mengemudikan sepeda motor langsung mendatangi target.

“Oleh pelaku yang dibonceng Ahmad Apriansyah alias Apri langsung menarik dompet ibu itu dgn mempergunakan tangan kirinya. Ibu itu berusaha mempertahankan sambil berteriak rampok,” ujarnya Lengkap Tarigan.

Kemudian dompet tersebut jatuh ke aspal dan pelaku langsung tancap gas menuju arah jalan Ade Irma Suryani Kelurahan Pekan Binjai Kecamatan Binjai Kota. Warga yang melihat langsung mengejar pelaku, dan saat itu pelaku yang dibonceng mengeluarkan sebilah pisau dan mengancung-ancungkannya ke warga yang mengejarnya.

“Saat berada di Jln Tuan Syeh Rukun atau persisnya jalan tanjakan menuju Viara Setia Budha kedua pelaku terjatuh, sepeda motor Verza tertinggal berikut senjata tajam. Kedua pelaku melarikan diri, karena dikejar oleh warga dan kedua pelaku berlari menuju jembatan titi kembar kemudian untuk menghindari kejaran dua pelaku melompat ke Sungai Mencirim dan berenang menuju kantor lurah pekan binjai,” jelasnya.

“Tak ada arah melarikan diri lagi saat hendak naik ke tepi sungai, kemudian warga yang telah menunggu langsung mengamankan kedua pelaku dari dalam sungai Mencirin. Kemudian melaporkam kejadian kepada petugas kepolisian dari Polsek Binjai Kota untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.

Beberapa saksi juga sudah dimintai keterangan, di antaranya Putra (47) tukang Parkir warga Jln Binjai Km 19 Kelurahan SM. Karya Kecamatan Binjai Timur. Lalu Syahnan (56) penarik Becak wargda Jln Binjai Km 18 Kelurahan SM Rejo Kecamatan Binjai Timur.

Barang bukti diamankan sebilah pisau yang ujungnya runcing berbahan besi stenlis dengan panjangnya sekitar 40 Cm milik tsk Ahmad Apriansyah Alias Apri, satu unit Sp Motor Verza warna hitam tanpa nomor polisi depan dan belakang yang dikemudikan Andre Rahmadika Alias Andre, sebuah dompet kain Warna Hitam yang berisi uang Rp 100 ribu dan KTP milik korban, Lie Lian Hwa.

Saat ini kedua pelaku babak belur dihajar warga pasca berenang dan naik ke tepi sungai. Keduanya dirawat di RSU Djulham Binjai dan belum dapat dimintai keterangan. Kasus ini ditangan pihak Polsek Binjai kota.(rt)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *