Dwi Yuda Syaputra Belajar Untuk membuat Sepatu Dari Youtube

BERITALIVE – Sebagai salah satu barang penunjang fashion, keberadaan sebuah sepatu yang ternyata mulai diminati sebagian besar masyarakat.

Bila dulunya sepatu hanya yang akan dibutuhkan para pelajar ketika pergi ke sekolah ataupun para pekerja kantoran yang selalu terlihat necis dengan tampilan sepatu pantofelnya.

Sekarang ini kebutuhan sepatu mulai mewabah ke berbagai kalangan masyarakat dengan menampilkan berbagai macam bentuk atau model yang menarik.

Melihat permintaan sepatu yang kian hari semakin yang ramai, tidak ada salahnya bila Anda memanfaatkan moment tersebut sebagai salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Founder Mas Day Shoes, Dwi Yuda Syaputra, S.AB mengatakan ia mulai tertarik menekuni bisnis sepatu sejak tahun 2013 silam.

Berbekal hobi berbisnis yang ia miliki, Yuda mulai memproduksi sepatu dan memasarkannya melalui teman-teman dan media sosial.

“Awalnya bukan usaha sepatu, sebelumnya saya usaha jasa install komputer, jual rujak pun saya pernah di dekat sekolah-sekolah. Karena kurang cocok, saya coba buat produk sepatu. Diawal saya sama sekali belum tahu buat sepatu tapi ya karena kita belajar dari Youtube, meskipun enggak langsung jadi, ada beberapa bulan baru bisa buat sepatu,” jelasnya Minggu (24/6/2018) di tempat produksi sepatu, Masdayshoes Jalan Bunga Rinte Raya Komplek Puri Zahara 1 Blok C 80 Medan Tuntungan.

Untuk memperluas pengetahuannya di bidang produksi sepatu, di tahun 2015, Yuda mengikuti pelatihan di Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia, berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Usaha sepatu handmade saya ini awalnya saya namakan Teuton Footwear, tapi karena susah penyebutannya, enggak lama saya langsung merubah nama Teuton Footwear menjadi Mas Day Shoes. Mas artinya abang orang jawa, berhubung saya juga suku jawa. Sementara Day itu nama panggilan saya saat masih SMP. Kalau Shoes itu bahasa Inggris yang artinya sepatu. Jadi kalau disatukan maknanya adalah sepatunya si mas Day,”ungkapnya.

Yuda menjelaskan Mas Day Shoes telah menghadirkan produk-produk sepatu yang berkualitas dan sesuai dengan mode yang berkembang sekarang ini. Dan kini Mas Day Shoes dapat menunjang penampilan konsumen dengan kualitas yang baik dan fashionable.

“Menciptakan mindset kebanggaan akan produk sepatu lokal yang berkualitas kepada masyarakat Indonesia terkhusus di Kota Medan dan mampu bersaing di pasar internasional merupakan nilai tambah dari Mas Day Shoes, yang ingin dicapai,” serunya.
Ia mengatakan modal sepatu

Mas Day Shoes ini kurang lebih Rp 4 juta, diantaranya untuk membeli mesin jahit dan alat-alat produksi sepatu lainnya. Target pasar yang ia bidik ialah kalangan menengah, mulai dari mahasiswa, pekerja, laki-laki, perempuan, dan anak-anak muda yang ingin sepatu casual.

“Harga sepatu Mas Day Shoes dibanderol mulai harga Rp 400 ribuan, sementara sandal berkisar Rp 185 ribu. Kalau ada yang mau request pembuatan sepatu langsung juga bisa, tapi biasanya lebih mahal,” ujar Yuda.

Pihaknya juga memiliki website berbayar dengan alamat www.masdaystore.com dan kini menghasilkan permintaan dari dalam dan luar kota.

“Saingan pasti banyak, brand dari Pulau Jawa juga sudah hebat-hebat. Makanya saya juga ingin terkenal dulu di Sumut baru nanti bertahap di Jawa. Walaupun begitu ada juga permintaan dari Jakarta, Bandung, Aceh, Pekanbaru dan sebagainya,” ujarnya.

Yuda menjelaskan pengiriman sepatu ke luar kota memakai jasa JNE, sementara pengiriman di sekitar Kota Medan memakai jasa Gojek.

“Ongkos pengiriman ditanggung pembeli, kalau jumpa tengah seperti di Jalan dr. Mansyur, pasti enggak ada ongkir,”ucap laki-laki Kelahiran 26 Maret 1993 ini.
Selain pemesanan online dari media sosial, Mas Day Shoes juga dapat diperoleh di Toko Urban Traffic Jalan Dr. Mansyur Medan.

“Promosi yang saya lakukan dari media sosial, dari kawan ke kawan. Awalnya saya jual sepatu ini online cuma karena ada teman yang punya toko, saya titip produk saya di Toko Urban, jadi offlinenya di sana,” tuturnya.

Yuda menambahkan bicara tentang bisnis, jangan langsung suksesnya dulu, bisnis itu harus dijalani dengan tekus dan fokus. Mengenai resiko pasti ada, semua hal juga pasti ada resikonya.

“Untuk masyarakat Sumut, Mas Day Shoes ini produk Sumut, dibuat juga di Medan, paling enggak menghargai produk anak daerah. Jadi enggak ada salahnya gunakan produk daerah yang kualitasnya enggak jauh beda sama yang di pasar-pasar nasional, cintailah produk daerah,” tutupnya.(rt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *