Enak Tapi Sumber Penyakit Jantung, Ini Daftar 3 Kesalahan Gorengan

BERITA LIVE-

Orang Indonesia memang sulit untuk lepas dari gorengan. Di negara kita, gorengan merupakan makanan yang sangat sering kita temui.

Utamanya, adalah camilan, seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, risol, dan lain-lain. Namun gorengan bisa dimakan sebagai lauk, seperti ayam goreng, ikan goreng, bahkan nasi goreng dan mi goreng. Nah, kita pasti sudah sering mendengar kalau terlalu banyak makan gorengan akan berbahaya bagi tubuh kita.

Itu karena kandungan lemak di dalam gorengan sangat tinggi.Minyak yang dipakai untuk menggoreng merupakan sumber lemak. Minyak itu akan diserap oleh makanan yang digoreng. Lalu, apa saja bahayanya kalau kita makan gorengan setiap hari? Yuk simak !

1. Batuk dan Sakit Tenggorokan

Gorengan yang dibuat di rumah dengan minyak bersih saja bisa membuat kita batuk. Apalagi gorengan yang dibeli di pinggir jalan, pasti akan lebih berbahaya lagi.

Minyak kotor yang digunakan bisa menyebabkan infeksi pada saluran tenggorokan. Selain itu, senyawa akreolin yang terbentuk karena pengendapan minyak goreng juga bisa membuat tenggorokan menjadi gatal. Akibatnya, kita jadi batuk-batuk dan sakit tenggorokan.

2. Kegemukan

Gorengan mengandung banyak sekali lemak dari minyak yang digunakan untuk menggoreng. Lemak memang diperlukan oleh tubuh supaya tetap sehat. Namun, makan makanan yang mengandung banyak lemak malah membuat lemak itu menumpuk. Akibatnya, berat badan kita naik secara drastis dan bisa menyebabkan kegemukan. Kegemukan merupakan awal masuknya penyakit-penyakit lain, seperti penyakit jantung dan diabetes.

3. Pembuluh Darah Tersumbat

Lemak tidak hanya bisa membuat kita kegemukan, tapi juga bisa menyumbat pembuluh darah kita. Lemak, kolesterol, dan kalsium yang berlebihan di dalam tubuh akan menjadi satu dan membentuk plak.

Plak inilah yang bisa menyumbat aliran darah di pembuluh darah. Bahkan plak bisa menyumbat pembuluh darah otak, padahal otak merupakan salah satu organ tubuh yang sangat membutuhkan darah.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *