Fakta Dari suka Mandi Menyebabkan Masuk angin

 

BERITA LIVE –  PULANG larut malam terkadang membuat Anda jadi dilema, antara ingin mandi dulu atau langsung tidur saja.

Rasanya ingin langsung tidur tanpa mandi, tapi badan terasa lengket dan membuat tidur jadi tidak nyaman.

Di sisi lain, banyak orang yang bilang kalau mandi malam bisa membuat Anda rentan terkena flu dan masuk angin saat bangun tidur.

Kenali dulu penyebab masuk angin

Pada dasarnya, dunia medis lokal maupun internasional tidak mengenal penyakit masuk angin. Ya, masuk angin ini hanyalah “penyakit” buatan masyarakat saat merasa “tidak enak badan” akibat banyaknya angin yang masuk ke dalam tubuh.

Dilansir dari Kompas, dr. Mulia Sp. PD, seorang dokter spesialis penyakit dalam yang berpraktik di Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk mengungkapkan bahwa masuk angin sebetulnya merupakan kumpulan gejala yang muncul dari dua penyakit, yaitu maag (gastritis) dan flu biasa (common cold).

Itulah sebabnya, masuk angin sering kali digambarkan dengan badan lemas, demam, perut kembung, begah, sering sendawa, sakit kepala, hingga batuk.

Penyebab masuk angin bermacam-macam. Seringnya disebabkan karena terlalu lama di ruangan ber-AC atau sering keluar di malam hari. Jadi singkatnya, kebanyakan penyebab masuk angin erat kaitannya dengan paparan udara dingin yang menimbulkan gejala-gejala masuk angin tadi.

Kepercayaan bahwa sering mandi malam bikin masuk angin ternyata tidak sepenuhnya salah. Meskipun tidak berhubungan secara langsung, ada beberapa hal penting yang dapat memicu masuk angin setelah mandi malam.

[dv]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *