Firmino Bawa Liverpool Juara Piala Dunia Antarklub Lewat Gol Tunggal Dibabak Tambahan

BERITA LIVE– Doha – Liverpool keluar sebagai juara Piala Dunia Antarklub 2019. The Reds menang 1-0 atas Flamengo lewat gol tunggal Roberto Firmino di babak tambahan.

Bertanding di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Minggu (22/12/2019) dini hari WIB, Liverpool vs Flamengo sama-sama menekan sejak awal. The Reds membuka ancaman Firmino dan Trent Alexander-Arnold di menit-menit awal, namun sepakan keduanya masih melenceng.

Perlahan, Flamengo bisa keluar dari tekanan. Anak asuh Jorge Jesus bisa meredam serangan-serangan yang dibangun Mohamed Salah dkk dan sesekali melancarkan tekanan.

Pada menit ke-26, Henrique punya peluang mencetak gol ke gawang Liverpool. Mendapat umpan panjang ke kotak penalti, Henrique melepaskan tendangan kaki kanan, namun bisa dihalau oleh Joe Gomez. Bolanya cuma menghasilkan tendangan sudut.

Beberapa kali serangan balik coba dilancarkan Liverpool. Namun, barisan belakang Flamengo bisa dengan mudah meredamnya. Hingga babak pertama berakhir, skor kacamata tetap bertahan.

Liverpool langsung menekan Flamengo usai turun minum. Dua peluang langsung didapat dalam waktu singkat. Pertama lewat sepakan kaki kiri Firmino yang membentur mistar, dan kedua tendangan Mohamed Salah, yang masih melenceng ke sisi kanan gawang Flamengo usai meneruskan umpan tarik Alexander-Arnold.

Flamengo cukup tenang menghadapi tekanan Liverpool. Dua peluang pun bisa didapat Gabriel Barbosa di menit ke-52. Pertama lewat sepakannya dari luar kotak penalti, yang tipis ke atas gawang Alisson. Dan yang kedua, sepakan datar menyilang yang bisa ditepis Alisson.

Pada menit ke-68, Gabigol kembali mendapat peluang. Gabigol membuat tendangan salto, meneruskan umpan Henrique, dan mengarahkan bolanya ke pojok bawah kiri gawang Liverpool. Namun Alisson bisa menangkapnya.

Pada menit ke-75, Salah sempat menjebol gawang Flamengo. Namun golnya dianulis, karena striker Mesir itu sudah berada dalam posisi offside sebelum bikin gol.

Pada menit ke-80, sepakan Alexander-Arnold bisa diredam Diego Alvers. Tiga menit berselang, giliran upaya Jordan Henderson digagalkan kiper Flamengo, usai sepakan kapten Liverpool itu bisa ditepis.

Di menit ke-90, Sadio Mane dilanggar Rafinha di luar kotak penalti. Wasit Abdulrahman Al Jassim sempat memberi kartu kuning kepada bek Flamengo. Namun, perdebatan terjadi soal penalti. Usai dicek VAR, pelanggaran rupanya dibatalkan dan Liverpool tidak mendapat penalti. Laga dilanjutkan ke babak tambahan karena skor masih 0-0.

Di masa extra time, Liverpool akhirnya bisa menjebol gawang Flamengo lewat Firmino. Berawal dari kesalahan Rodrigo Caio mengantisipasi umpan terobosan Liverpool, bolanya bisa dikuasai Sadio Mane. Di kotak penalti, Mane menyodorkan bolanya ke Firmino, yang bisa diteruskannya ke gawang Flamengo. Liverpool unggul 1-0 hingga jeda babak tambahan.

Di 15 menit tersisa, Flamengo coba menekan Liverpool guna memaksakan hasil imbang dan minimal memaksakan adu penalti. Namun Gabigol dkk tak mampu menembus lini belakang juara bertahan Liga Champions itu. Skor 1-0 pun bertahan hingga menit ke-120, sehingga Liverpool menjadi juara Piala Dunia Antarklub 2019.

Bagi Liverpool, ini menjadi gelar pertamanya di Piala Dunia Antarklub 2019. Liverpool juga menjadi tim Inggris pertama yang memenangkannya dalam kurun 11 tahun terakhir, sejak Manchester United menjuarainya pada 2008.
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *