Garuda Dihajar 5 Gol Di Markas UEA Tanpa Balas

BERITA LIVE– Dubai – Indonesia babak belur dalam lawatan ke Uni Emirat Arab di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Skuat Garuda kalah telak 0-5.

Bertanding di Al Maktoum Stadium, Kamis (10/10/2019) malam WIB, Indonesia kalah dominan sejak awal laga. Pada babak pertama, Indonesia sempat mampu mematahkan sejumlah serangan UEA.

Namun gawang Indonesia akhirnya bobol pada menit ke-41 menyusul kesalahan dari Wawan Hendrawan. Khalil Ibrahim membawa UEA unggul 1-0 atas Indonesia di babak pertama.

Pada paruh kedua, UEA menambah empat gol. Ali Mabkhout mencetak hat-trick ditambah gol Tariq Ahmed di masa injury time.

Dengan hasil ini, Indonesia masih belum beranjak dari klasemen Grup G setelah menelan tiga kekalahan dalam tiga pertandingan. Sementara UEA ada di posisi teratas dengan enam poin dari dua laga.

Jalannya Pertandingan

UEA sudah dapat peluang pada menit pertama. Berawal dari tendangan sudut, Walid Abbas Murad menanduk bola. Namun Wawan Hendrawan masih sigap menangkap bola.

UEA kembali mendatangkan ancaman untuk pertahanan Indonesia. Hansamu Yama gagal menyapu bola yang mengarah ke kotak penalti sehingga mengarah ke Ali Ahmed Mabkhout. Beruntung bagi Indonesia, Mabkhout gagal mengontrolnya dan bola ditangkap Wawan.

Nyaris! Jassim Yaqoob Albalooshi melepaskan tembakan dari kotak penalti usai melakukan kerja sama satu dua dengan Ali Ahmed Mabkhout. Bola sepakan Jassim Yaqoob menyamping tipis dari gawang Indonesia.

UEA terus menguasai permainan hingga menit ke-30. Meski demikian, Indonesia mampu mengimbangi permainan dan meredam serangan UEA.

Meski demikian, Indonesia kesulitan menciptakan peluang. Serangan-serangan yang dibangun Beto Goncalves dan Andik Vermansah tak mampu menembus pertahanan UEA.

Wawan nyaris bikin blunder setelah keluar dari sarangnya untuk menghalau bola. Tendangan Wawan tak sempurna dan justru mengarah ke pemain UEA. Beruntung bagi Indonesia, barisan bek langsung menutup ruang tembak sehingga tendangan pemain UEA tak mengarah ke gawang.

UEA akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-41. Umpan Ali Saleh dari sisi kiri yang mengarah ke gawang salah diantisipasi oleh Wawan. Ia mencoba menghalau bola, tapi Khalil Ibrahim sudah menunggu di depan gawang. Khalil Ibrahim akhirnya mencocor bola untuk menjebol gawang Indonesia.

Laga babak kedua berjalan enam menit, gawang Indonesia kembali bobol. Kesalahan di lini belakang kembali menjadi penyebab.

Zulfiandi salah mengoper bola di area pertahanan dan langsung dimanfaatkan oleh pemain UEA. Bola berakhir di kaki Ali Mabkhout yang kemudian mencungkil bola melewati Wawan. Upaya Gavin untuk menghalau bola di garis gawang tak membuahkan hasil.

Pada menit ke-61, tendangan keras Ali Mabkhout membentur mistar gawang. Bola muntah kemudian masih bisa dikuasai oleh pemain UEA.

Petaka kembali menghampiri Indonesia. Wasit menunjuk titik putih setelah Hansamu melakukan handball di kotak terlarang. Ali Mabkhout maju sebagai eksekutor dan sukses mengecoh Wawan untuk mengubah skor menjadi 3-0.

Indonesia mendapat tendangan bebas pada menit ke-66 usai Hanif Sjahbandi dilanggar di depan kotak penalti. Stefano Lilipaly maju sebagai eksekutor dan mengarahkan tendangan ke pojok kiri atas gawang. Namun bola masih bisa ditepis oleh Khalid Eisa Bilal.

Indonesia kembali kebobolan pada menit ke-72. Ali Mabkhout mencetak hat-trick usai memanfaatkan sebuah umpan terobosan. Lolos dari jebakat offside, Ali Mabkhout tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Wawan dan mampu melewati kiper Indonesia itu.

UEA nyaris menambah gol pada menit ke-80. Omar Abdulrahman melepaskan umpan lambung yang mengarah ke Ahmed Khalil. Meski bisa melewati Wawan, Ahmed Khalil tak mampu mengarahkan bola ke gawang.

Unggul empat gol tak membuat UEA mengendurkan serangan. Di injury time, UEA menambah keunggulan lewat sepakan Tariq Ahmed. Ia menaklukkan Wawan usai memanfaatkan bola muntah dari tendangan Ahmed Khalil yang ditepis kiper Indonesia itu.
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *