Hal Yang Harus Diketahui Seorang Wanita Yang Sedang Mengandung Bayi Kembar

Yang Harus Diketahui Seorang Ibu yang Sedang Hamil Anak Kembar

BERITALIVE-Hamil anak kembar merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang ibu. Kabar itu tentunya akan disambut penuh kegembiraan oleh seluruh keluarga besar.

Tapi, ada hal yang perlu mengingat. Bagi seorang ibu, punya anak kembar berarti akan memiliki tugas dan tanggung jawab berlipat ganda.

Hamil anak kembar juga tidak sama dengan Hamil anak tunggal. Kebutuhan perempuan dengan kehamilan kembar akan meningkat, termasuk risiko yang kemungkinan terjadi.

Kehamilan anak kembar terjadi lebih dari 3 dari setiap 100 kehamilan. Statistik ini makin meningkat dengan semakin banyak anak kembar yang lahir setiap tahunnya.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui jika sedang hamil anak kembar.

1. usia menjadi faktor pada kehamilan anak kembar

Kehamilan sangat bergantung pada berbagai faktor, salah satunya yaitu usia. Kebanyakan dokter mengatakan bahwa begitu perempuan melewati usia 30-40 tahun, akan sulit untuk hamil kembar.

Ironisnya, kemungkinan kehamilan kembar juga meningkat saat perempuan berusia lebih dari 30-40 tahun. Hal ini disebabkan kenyataan bahwa seiring bertambahnya usia, ovulasi menjadi tidak menentu.

Moms bisa saja berovulasi dengan dua folikel dalam siklus yang sama, sehingga jika terjadi pembuahan, Moms akan memiliki kehamilan kembar.

2. Peningkatan kebutuhan asam folat

Perempuan hamil diminta untuk minum pil asam folat agar membantu mencegah cacat pada janinnya.

Saat hamil kembar, dokter akan meminta si ibu untuk mengonsumsi lebih banyak asam folat dibanding perempuan yang mengandung satu bayi.

Perempuan yang hamil dengan satu bayi akan diminta untuk mengkonsumsi 0,4 miligram asam folat dalam sehari, sedangkan yang hamil anak kembar dapat diminta untuk mengonsumsi sampai 1 miligram asam folat sehari.

3. seorang ibu harus menghadapi lebih banyak pengujian

Dokter akan meluangkan lebih banyak waktu untuk memeriksa Anda ketika diketahui sedang hamil anak kembar.

USG juga akan memakan waktu lebih lama ketimbang saat melihat bayi tunggal. Sayangnya, ini memberikan risiko ekstra juga.

Risiko keguguran meningkat pada kehamilan kembar saat prosedur amniosentesis dilakukan, yaitu prosedur prenatal untuk memeriksa apakah ada kelainan janin (cacat lahir) pada janin.

4Ibu hamil anak kembar harus menghadapi lebih banyak morning sickness

Morning sickness pada perempuan hamil disebabkan oleh hormon yang dikenal dengan hormon chorionic Gonadotropin.

Dengan kehamilan kembar, kadar HcG berlipat ganda dan karenanya, morning sickness akan terasa lebih intens dan sering

Masalah lain yang berhubungan dengan kehamilan seperti kembung, sakit punggung dan sakit maag juga akan meningkat.

5. Hamil kembar dapat menyebabkan peningkatan berat badan lebih tinggi

Secara alami jika ada dua bayi, dua plasenta, cairan ketuban lebih banyak, Moms akan memiliki berat badan lebih banyak daripada kehamilan tunggal.

Energi yang dibutuhkan untuk menopang dua kehamilan juga lebih. Idealnya, calon ibu perlu meningkatkan berat badan sekitar 12 kilogram. Pada kehamilan kembar, justru harus mendapatkan sekitar 15 kilogram.

Berat badan saat hamil kembar tidak boleh kurang dari 7 kilogram dan tidak boleh melebihi 18 kilogram agar kehamilan menjadi sehat.

6. Kelahiran prematur umum terjadi pada hamil kembar

Bila perempuan yang hamil anak tunggal biasanya melakukan persalinan pada usia 40 minggu, sementara perempuan dengan bayi kembar dapat melahirkan dari usia kehamilan 36 minggu.

Jika persalinan dilakukan sebelum 34 minggu, kemungkinan akan menghadapi komplikasi kelahiran.

Bayi juga bisa mengalami masalah pernapasan, dan memiliki berat lahir rendah.

7. Perempuan yang hamil kembar kemungkinan akan sesar

Kelahiran normal lebih disukai dan merupakan metode persalinan yang paling umum. Namun, saat hamil dengan anak kembar, kemungkinan untuk sesar akan cenderung dilakukan.

Hal ini lebih mungkin terjadi jika salah satu atau kedua bayi berada dalam posisi yang tak aman untuk dilakukan caesar.

RW.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *