Handbrake Macet Jangan Panik, Ini Caranya

BERITALIVE – DALAM sebuah unit mobil sudah pasti dilengkapi dengan fitur keselamatan, salah satunya adalah rem tangan mobil (handbrake car). Fungsi fitur ini diantaranya menahan laju mobil saat parkir, ketika mobil berhenti di tanjakan agar tidak mundur, juga dapat digunakan saat rem utama blong untuk mengurangi kecepatan mobil.

Rem tangan merupakan komponen penting pada setiap mobil. Kebanyakan letaknya diantara dua kursi depan (kecuali mobil premium). Memiliki tombol pembebas yang berada di ujung tuas. Tombol ini untuk membebaskan rem tangan saat penguncian.

Pengoperasikannya tombol cukup mudah, hanya perlu menekan tombol terlebih dahulu, kemudian menurunkan tuas rem tangannya. Sementara mekanisme tuas rem tangan ke kanvas rem belakang menggunakan kabel yang terhubung dengan rem belakang kiri dan kanan.

Saat rem tangan ditarik, maka kanvas rem belakang kiri dan kanan akan menahan roda belakang melalui kanvas rem yang menahan tromol rem (drum brake).

Namun jangan panik, saat rem tangan tidak bisa diturunkan setelah ditarik keatas meskipun kita telah menekan tombol. Ini biasanya disebabkan proses penarikan tuas rem tangan terlalu kuat sehingga melebihi batas maksimal gerigi mekanisme di bagian dalamnya. Untuk mengembalikan tuas rem tangan yang macet, tentu saja diperlukan tenaga ekstra.

Tekanlah tombol sambil mengangkat tuas rem dengan kuat. Kemudian dengan cepat turunkan tuas pedal remnya. Jika cara tersebut tidak berhasil, perlu dilakukan pembongkaran pada mekanisme bagian dalam rem tangan untuk mengembalikan posisinya. Jangan lupa lakukan perawatan rutin mobil Anda agar semuanya berfungsi normal.(WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *