Haruskah Berbohong?

BERITA LIVE-

Umumnya setiap manusia pasti pernah berbohong dalam kehidupanya. Ada kebohongan kecil dan besar dengan dampak yang berbeda-beda. Akan tetapi sangat menyedihkan bila seorang figur publik berbohong yang kemudian membuat resah banyak orang, walau akhirnya orang tersebut mengungkapkan kejujuran.

Entah itu kebohongan besar maupun kecil, pertanyaan mendasar yang muncul ‘Kenapa perlu berbohong?’ Berikut beberapa alasan seseorang memilih berbohong daripada berbicara jujur seperti dilansir laman Everyday Health, Rabu, 3 Oktober 2018.

1. Bentuk pertahanan diri

Banyak orang yang berbohong karena ingin melindungi diri dari situasi atau konflik yang tidak menyenangkan. Bagi si pembohong, dengan berbohong, mereka dapat jadi bisa terhindar dari masalah. Misalnya terhindar dari sebuah hukuman atau pertengkaran. Dan hal ini bukan hanya dilakukan anak-anak, juga orang dewasa.

2. Menyenangkan orang lain

Tidak semua sebuah kebohongan itu didasari niat buruk, ada yang disebut ‘kebohongan putih’. Orang tersebut berbohong karena ingin menghindari lawan bicara sakit hati. Misalnya seorang ayah merasa perlu berbohong agar anaknya tidak menangis.

3. Menjaga perasaan
Ada juga orang yang berbohong karena ingin melindungi perasaan dirinya sendiri maupun lawan bicara. Misalnya ketika seorang wanita berbicara, ‘Aku ditolak di perusahaan itu, tapi memang aku enggak ingin-ingin banget kerja di situ sih’. Padahal, faktanya dia ingin sekali bekerja di perusahaan itu dan mengucapkan kebohongan itu agar tidak menyakiti perasaannya sendiri.

4. Demi memperlihatkan kesan baik

Semua orang tentunya ingin terlihat memiliki citra baik, dan banyak orang melakukan kebohongan demi mencapai itu.

5. Agar disukai

Mirip dengan poin sebelumnya, hampir semua orang ingin disukai. Itu adalah sifat alami manusia. Dan, terkadang untuk bisa disukai orang atau grup dengan melakukan kebohongan.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *