Hasil Liga Inggris Diimbangi Brighton, Arsenal Sulit Finis Empat Besar

BERITA LIVE – Harapan Arsenal finis empat besar kian pudar usai ditahan imbang 1-1 oleh Brighton and Hove Albion. The Gunners butuh bantuan nasib baik di pekan terakhir.

Menjamu Brighton di Emirates, Minggu (5/5/2019) malam WIB, Arsenal memimpin duluan lewat penalti Pierre-Emerick Aubameyang di menit kesembilan. Keunggulan itu bertahan sampai babak pertama tuntas.

Di babak kedua, Brighton menyamakan skor pada menit ke-61, juga lewat penalti. Glenn Murray memaksimalkan peluang lewat titik putih untuk menaklukkan Bernd Leno.

Skor 1-1 bertahan sampai pertandingan selesai dan membuat tuan rumah menghadapi tantangan sulit untuk finis empat besar. Mengoleksi 67 poin dari 37 laga, tim polesan Unai Emery ini tertinggal tiga poin dari Tottenham Hotspur di posisi empat.

Secara matematis selisih ini bisa dikejar di laga terakhir nanti, namun secara realistis amat berat. Sebab Arsenal perlu menutup selisih delapan gol dari Tottenham.

Arsenal akan bertandang ke Burnley di pekan terakhir, sementara Tottenham menjamu Everton.

Arsenal nyaris langsung mendapatkan gol di menit kedua. Henrikh Mkhitaryan melepaskan sepakan mendatar dari depan kotak penalti dan bola dimentahkan tiang gawang.

Mesut Oezil menguasai bola pantulan, tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside. Sebuah peluang bersih gagal.

Di menit ke-8, Arsenal mendapatkan penalti usai Nacho Monreal terjatuh dalam duel dengan Alireza Jahanbakhsh. Pierre-Emerick Aubameyang maju sebagai eksekutor dan sukses menaklukkan Mat Ryan.

Brighton mendapatkan kesempatan dari tendangan bebas di depan kotak penalti di menit ke-19. Pascal Gross maju sebagai eksekutor dan tendangannya cuma membentur pagar pemain.

Ancaman untuk Arsenal di menit ke-26. Umpan silang mengarah ke Glenn Murray dan disundul. Bernd Leno menangkap bola tepat di garis gawang.

Empat menit kemudian, Brighton kembali menekan. Kali ini Solly March menusuk dan melepaskan tembakan yang cuma berakhir di samping gawang.

Arsenal balas mengancam di menit ke-36. Umpan silang Granit Xhaka disambar sundulan Monreal ke pojok kanan bawah, tapi digagalkan Ryan.

Berjarak tiga menit, Arsenal mendapatkan peluang lain. Umpan silang Mesut Oezil disambar Alexandre Lacazette di tengah kotak penalti. Ryan menunjukkan refleks cemerlang dengan menepisnya.

Arsenal tak meredakan tekanannya menuju akhir babak pertama. Sebuah sepakan keras dari Lucas Torreira dibelokkan ke luar lapangan oleh Bernardo.

Giliran Mkhitaryan melepaskan percobaan untuk Arsenal di menit ke-45. Tendangannya dihalau Ryan. Sementara sepakan Lacazette tak lama berselang disundul menjauh dari gawang oleh bek Brighton.

Sundulan Lacazette dari sepak pojok yang dihasilkan cuma melebar. Babak pertama berakhir 1-0 untuk keunggulan tuan rumah.

Xhaka mencoba melepaskan tendangan bebas langsung ke gawang di menit ke-54, namun membentur pagar pemain. Lima menit berselang, Arsenal dihukum penalti.

March lolos di sisi kiri dan merangsek ke kotak penalti, sampai kemudian dijatuhkan Xhaka dengan sebuah tarikan. Murray maju sebagai eksekutor dan sukses menyamakan skor.

Arsenal memenangi korner di menit ke-68 dan tembakan Aubameyang menyambut umpan cuma melambung. Sementara percobaan lain di menit ke-71 cuma mudah diantisipasi Ryan karena mengarah ke tengah.

Aubameyang membuang peluang besar di menit ke-74 saat umpan Mkhitaryan berbelok dan mengarah kepadanya di tengah kotak penalti. Tembakannya tipis saja ke kiri gawang.

Tekanan beruntun dari Arsenal. Tembakan Lacazette dari jarak dekat tak lama berselang bisa dihalau kiper.

Brighton melancarkan serangan dari sisi kiri di menit ke-80. Sepakannya masih melebar dari gawang.

Tembakan Gross menyambar bola liar lima menit kemudian juga tak mengarah ke gawang, padahal Leno tak dalam posisi siap.

Arsenal terus mengejar gol kemenangan. Sepakan Lacazette di menit ke-89 patah di tangan Ryan. Sampai pertandingan tuntas, tak ada gol lain tercipta.

Arsenal: Bernd Leno; Stephan Lichtsteiner (Sead Kolasinac 77′), Shkodran Mustafi, Sokratis Papastathopoulos, Nacho Monreal; Lucas Torreira, Granit Xhaka (Alex Iwobi 77′); Henrikh Mkhitaryan (Matteo Guendouzi 77′), Mesut Ozil, Pierre-Emerick Aubameyang; Alexandre Lacazette

Brighton: Mat Ryan; Bruno, Shane Duffy, Lewis Dunk, Bernardo; Alireza Jahanbakhsh (Anthony Knockaert 46′), Dale Stephens, Yves Bissouma, Solly March; Pascal Gross (Kayal 92′); Glenn Murray (Florin Andone 78′)

(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *