Hati-hati memilih password

BERITALIVE – APAKAH kata sandi atau password yang digunakan di berbagai akun email atau sosial media Anda sudah aman? Atau Anda masih menganggap remeh hal ini dengan menggunakan password yang “asal-asalan”. Melihat banyaknya pembobolan akun yang terjadi selama 2013, ada baiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk menggunakan password yang lebih serius.

Perusahaan keamanan Splash Data baru saja merilis sejumlah kata yang paling sering dipilih untuk dijadikan password karena mudah diingat. Tapi, kata sandi itu justru jadi sasaran empuk para peretas.

Beberapa di antaranya adalah kata seperti “password”, “monkey”, “admin”, “iloveyou”, “letmein”, dan puncaknya adalah “123456”. Menurut Splash Data, konsumen sering berasumsi bahwa mereka tidak pernah menjadi target dari para hacker. Karena itu, tidak ada alasan untuk membuat password yang rumit dan susah.

Splash Data memberi tips untuk tidak memilih kata sandi yang berasal dari sebuah produk tertentu yang sudah dikenal masyarakat. Atau juga menggunakan nama anggota keluarga yang mudah ditebak. Misalnya nama istri, suami, orang tua, atau anak. ”Kombinasikan kata-kata yang sifatnya acak dan angka. Juga, jangan menggunakan satu kata sandi yang sama untuk semua situs,”.

Ini mungkin lebih ribet. Tapi jika Anda memiliki akun Twitter dengan ratusan ribu followers, hal terakir yang Anda inginkan adalah ada orang yang meng-hack akun Anda dan melakukan kegiatan yang merugikan Anda sendiri. (WS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *