Hentikan Kecanduan Gadget Pada Anak Kamu Sedini Mungkin

BERITA LIVE – Gadget bisa menjadi pedang bermata dua, terutama bagi anak-anak. Jika digunakan dengan tepat, benda berteknologi itu bisa menjadi sumber informasi. Namun, jika kebablasan, anak bisa kecanduan.

Jangan biarkan jika anak Anda sudah kecanduan gadget. Kecanduan ini ditandai dengan anak yang tak bisa ‘hidup’ tanpa gadget.

Penggiat pendidikan Najeela Shihab menyarankan cara mengatasi penggunaan gadget pada anak harus dilakukan sejak dini. Jangan setelah anak kecanduan bermain gadget.

“Bagi anak yang sudah terlanjur diberikan gadget dan kecanduan, sebaiknya dilakukan off gadget selama tiga minggu,” ungkap Najeela dalam HIJUP Talk “Smart Digital Parenting in Ramadhan,” di Kota Kasablanka Mall, Jakarta beberapa waktu lalu.

Setelah itu, orangtua dan anak membuat kesepakatan mengenai waktu penggunaan. Misalnya dalam sehari hanya bermain gawai satu atau dua jam saja.

Kakak kandung Najwa Shihab ini juga mengingatkan agar orangtua memperhatikan konten dan aplikasi yang digunakan. Pastikan konten yang dilihat anak di gadget sesuai dengan usia dan kebutuhannya.

“Dari awal diberikan, anak harus sudah diberi pemahaman bahwa gadget merupakan milik orang tua yang diberikan kepada mereka dengan sedikit catatan. Dengan cara itu mereka tidak sembarang mem-posting, menonton, atau membuka sesuatu hal yang tidak baik,” katanya.

Orangtua harus kreatif

Selain itu, Najeela juga mengajak orangtua lebih kreatif membuat aktivitas di rumah.

“Kalau anak bosan, biasanya kita mengatasinya dengan memberikan gadget, padahal cara itu salah. Berikanlah mereka perhatian dan buatlah kegiatan menyenangkan bersama anggota keluarga agar perhatian yang mulanya ke gadget, menjadi ke hal lain,” paparnya. [KS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *