Indonesian Promosikan Batik di Festival International Day Qatar

BERITALIVE – Pameran wisata atau travel fair menjadi ajang pencarian tiket murah yang ditunggu-tunggu banyak orang, khususnya bagi traveler yang akan melakukan perjalanan wisata di 2018.

Tak ayal, hingga penghujung kuartal pertama 2018, ada lebih dari 10 travel fair yang diselenggarakan oleh perusahaan travel atau pun maskapai yang bekerjasama dengan perusahaan perbankan.

Bahkan, maskapai dan bank plat merah Indonesia pun turut menyelenggarakan pameran wisata pada akhir pekan ini. Meski ada banyak pameran wisata yang diselenggarakan, namun masih banyak traveler yang gagal mendapatkan tiket murah di helatan tersebut.

Nah, agar liburan Anda terealisasi, Shopback Indonesia dalam keterangan pers yang diterima Sindonews berbagi tips berburu tiket dan paket liburan mudah di pameran wisata.

1. Tentukan Destinasi
Sebelum mengunjungi pameran wisata, pastikan sudah memiliki destinasi wisata yang ingin dikunjungi, serta siapkan beberapa pilihan tanggal untuk perjalanan wisata. Minimal siapkan tiga pilihan tanggal. Jadi, jika pilihan tanggal pertama tidak sesuai dengan budget, Anda masih memiliki pilihan tanggal lainnya.

2. Hindari Peak Season
Meski telah memiliki beberapa tanggal pilihan, namun pastikan bahwa tanggal tersebut tidak termasuk peak season. Peak season merupakan waktu libur lebaran, libur sekolah serta libur Natal dan tahun baru.

Biasanya di periode tersebut potongan harga yang diberikan maskapai tidak terlalu fantastis jika dibandingkan dengan waktu-waktu selain periode tersebut.

3. Pesan Terlebih Dahulu di Travel Agent
Jika Anda punya rekanan atau langganan travel agent yang berpartisipasi pada pameran wisata, tidak ada salahnya untuk memesan lebih dahulu di travel agent tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu berdesak-desakan untuk mengantre dan bisa menghemat waktu untuk berburu promo lainnya, seperti promo hotel atau promo kebutuhan travel lainnya.

4. Datang di Hari Pertama
Kesempatan untuk mendapat tiket murah pada hari pertama pada pameran wisata lebih besar dibandingkan di hari berikutnya. Hal ini disebabkan kuota seat promo masih tersedia banyak. Apalagi jika hari pertama di gelar saat hari kerja, ini akan lebih menguntungkan, karena pengunjung akan lebih sedikit di hari tersebut.

Selain itu, jika Anda memiliki kartu kredit bank rekanaan penyelenggara, manfaatkan kesempatan mendapatkan cashback dengan datang lebih awal dan saat pengunjung tidak terlalu ramai.

5. Lihat Seksama Promo yang Diberikan
Promo-promo yang diberikan tidak hanya dari maskapai dan bank rekanan penyelenggara saja, terkadang beberapa tenant juga menawarkan beragam promo menarik, baik promo tiket pesawat, promo penginapan, paket tour atau atraksi wisata lainnya.

6. Manfaatkan Happy Hour
Sejumlah tiket murah akan dilepas saat happy hour, namun tentunya dengan kuota yang terbatas. Jadi untuk mendapatkan tiket murah, ada baiknya Anda untuk datang tepat waktu saat happy hour. Biasanya happy hour dilakukan dua kali. Pada pagi mulai pukul 10.00 hingga 13.00 dan sore mulai pukul 16.00 hingga 18.00. Sementara waktu terbaik membeli tiket saat happy hour adalah pukul 16.00 sampai 17.00 di hari pertama.

Menurut Minister Counsellor KBRI Doha Boy Dharmawan KBRI ingin memaksimalkan promosikan batik sejak ditetapkan UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada 2 Oktober 2009 lalu.

“Pengukuhan batik oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, kami jelaskan kepada pengunjung agar mereka tahu batik itu asli Indonesia,” ujar pejabat politik yang memiliki siswi pada sekolah tersebut.

Selama festival berlangsung, stand Indonesia selalu padat dikunjungi sekaligus berfoto dengan pakaian daerah diperagakan oleh Ayunda Henny Affrianti dan Muhamad Taufiq yang dipanggil Tofu. Stand Wonderful Indonesia juga menampilkan tarian Remo Gagrak oleh siswa PSISD, Amyra Haydien Wibowo. Selain itu, berbagai perlombaan kuiz berhadiah yang dibawakan Leceyanti Aripurnomo guna menarik pengunjung.

“Bangga bisa mempromosikan Indonesia di Qatar,” ujar Fitra Ramadhani yang turut berinteraksi dengan pungunjung.
Sementara, para siswa begitu gembira dengan game yang ada, di mana mereka yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar memperoleh goody bag yang diperoleh dari sponsor yang dihias secara cantik dan menarik.

Selain batik, stand Indonesia juga mempromosikan kuliner antara lain kudapan tradisional dengan berbagai rasa termasuk dari bahan mie yang berasal dari sponsor Indomie, kue risol, tahu, bolu pelangi, bolu kukus, nasi tumpeng, lemper kroket, dan kue tradisional lainnya.

Festival tahunan ini diliputan berbagai media Qatar antara lain Gulf Times, Gulf Tribune dan The Peninsula. Momentum festival ini juga dimanfaatkan untuk mempromosikan penyelenggaraan Asian Games ke-18 yang diadakan di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018 – 2 September 2018. (WS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *