Ini Beberapa Cara Agar Tubuh Tetap Fit Tanpa Perlu Habiskan Uang

BERITA LIVE – Menurut penelitian oleh National Health and Nutrition Examination Survey (NHANES), lebih dari 1 dari 3 orang dewasa kelebihan berat badan, dan 1 dari 13 orang dewasa mengalami obesitas ekstrim. Semakin banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam di tempat kerja untuk mempertahankan sumber keuangan mereka. Sayangnya, gaya hidup ini sering memengaruhi pilihan makanan dan gaya hidup kita.

Kebanyakan orang dewasa dengan anggaran ketat menghindari gym karena mereka tidak ingin mengeluarkan uang untuk biaya keanggotaan bulanan. Bagi mereka gym atau pusat kebugaran dapat terasa berat di saku. Namun, berpegang pada keuangan bukan berarti Anda harus membahayakan kesehatan Anda. Mempersiapkan anggaran sangatlah mungkin.

Jadi, berikut adalah 5 cara termudah dan paling murah untuk mendapatkan kebugaran fisik tanpa menguras dompet Anda.

1. Jalan 10.000 langkah sehari

Sebagian besar dari kita membawa handphone kita ke mana-mana. Kami menggunakannya untuk mengirim pesan kepada teman, mengambil foto, mengirim email, dan banyak lagi. Jadi, mengapa tidak memanfaatkan perangkat genggam ini dan menggunakannya untuk melacak tingkat kebugaran kita juga?

iPhone memiliki tracker built in yang dimuat sebagai fitur standar. Namun studi terbaru menunjukkan bahwa menggunakan ponsel untuk menghitung langkah-langkah total yang diambil dalam satu hari mungkin tidak akurat. Peneliti menemukan bahwa pedometer bawaan iPhone melewatkan sekitar 1.340 langkah (hampir setengah mil) dalam sehari.

Maka sebaiknya Anda menabung untuk membeli pedometer, karena dapat membantu Anda mencapai tujuan yaitu berjalan 10.000 langkah sehari. Berjalan selama 30 menit sehari memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat membantu mencegah penyakit kronis.

2. Perhatikan makanan yang di makan

Jika Anda ingin kehilangan lemak dan membangun otot, maka Anda perlu meningkatkan asupan makanan sehat. Makan diet seimbang yang mengandung protein dapat membantu membangun otot, buah-buahan dan sayuran untuk mineral dan serat, karbohidrat sehat untuk menjaga tingkat energi tinggi, dan lemak sehat untuk meningkatkan kehilangan lemak. Jangan lupa untuk banyak minum air agar tetap terhidrasi.

3. Menjadi relawan untuk tujuan baik

Coba berikan beberapa jam dalam seminggu ke organisasi nonprofit terdekat Anda. Bantu mereka dengan pekerjaan fisik seperti penggalian kebun, membersihkan jalan atau melatih tim olahraga lokal Anda. Anda akan mengalami kepuasan ganda. Tidak ada yang mengalahkan perasaan baik yang muncul setelah membantu orang lain dan rasa sakit yang muncul dari bekerja keras untuk tujuan baik.

4. Melakukan kegiatan bersih-bersih

Percaya atau tidak, Anda dapat membakar banyak kalori dengan melakukan kegiatan bersih-bersih. Seperti mendorong sofa dan membersihkan bagian bawahnya, membersihkan barang tak berguna di garasi atau gudang, membersihkan lantai, dan masih banyak lagi. Jumlah kalori yang dihabiskan selama pekerjaan rumah tangga dan bersih-bersih bervariasi dari orang ke orang dan tergantung pada berat individu masing-masing.

5. Mengejar ketinggalan degan teman saat berolahraga

Berteman dengan teman atau kolega untuk bermain tenis, golf, atau berenang adalah cara yang bagus untuk menggabungkan sosialisasi dan olahraga. Anda akan merasa termotivasi dan segar setelah melenturkan otot-otot tersebut dan menghabiskan waktu berkualitas dengan sesuatu yang berharga.

Namun, yang terpenting adalah apabila Anda ingin hidup panjang dan sehat dengan anggaran yang minim, berpikirlah positif dan bekerja keras untuk mencapai tujuan Anda. Kunjungi dokter Anda setidaknya sekali setahun untuk mengetahui lebih banyak tentang latihan yang paling sesuai dengan tipe tubuh Anda.

Makan makanan rumahan setidaknya lima hari dalam seminggu. Menurut penelitian, makanan rumahan jauh lebih bergizi dan lebih sehat daripada makanan enak. Selain itu, Berhentilah merokok.

Buat saja perubahan kecil dalam gaya hidup Anda dan beralihlah ke kebiasaan seumur hidup ini. Anda akan melihat peningkatan kesehatan mental dan fisik Anda dengan kondisi keuangan yang tetap terjaga. [DP]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *