Ini Cara Yang Bisa Dilakukan Orangtua Ketika Buah Hati Lakukan Gerakan Tutup Mulut

BERITA LIVE – Pada anak – anak, salah satu hal yang biasa membuat orang tua pusing adalah menolak semua makanan yang diberikan. Hal yang di kenal sebagai gerakan tutup mulut (GTM) ini bisa membuat orangtua binggung dan khawatir.

Padahal segala makanan telah di buat dan di sediakan, termasuk makanan favorit si kecil. Menghadapi masalah ini. Spesialis anak , membagikan informasi penting untuk para orangtua.

Pertama, cari sebab kenapa anak GTM, apakah anak sedang sakit, perhatikan gejala yang lain, demam, batuk, perhatikan juga rongga mulut anak, apakah ada sariawan? atau anak sedang kenyang.

Ia juga menjelaskan kalau lambung anak berukuran terbatas sehingga daya tampungnya pun tidak banyak. Orangtua hendaknya jangan terlalu berambisi memberikan makan sebanyak mungkin.

Penting untuk tahu selera makan anak juga bisa berubah, Mereka tentu akan bosan jika di sajikan dengan menu yang sama setiap hari. Coba buat menu baru atau ajak si kecil makan di luar.

Adakalanya anak menyukai jenis rasa tertentu yang membuat makannya jadi lahap. Dalam masalah pemberian makan pada anak, orang tua hendaknya mengerti.

Maka perhatikan juga kebiasaan mengemilnya, yang bisa juga terlalu banyak dan membuat kenyang. Hal ini juga berlaku pada susu. Pastikan porsi camilan dan susu yang di konsumsi anak tak berlebihan.

Jika berlebihan, ia akan merasa kenyang dan membuatnya malas makan. Ada juga batasan waktu saat makan yaitu 30 menit. Jika lebih dari waktu tersebut, segera hentikan, baik habis atau pun tidak.

Gerakan tutup mulut bisa karena anak sedang sakit atau bosan dengan menu yang lain. Selain itu ada kemungkinan lingkungan yang tidak membuat anak makan dengan nyaman dan tenang.Maka segera cari penyebab dari masalah tersebut agar hal ini tak berlarut.

{cr}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *