Ini Dia 5 Fakta Dari Stroberi!

image_title

BERITALIVE-Stroberi adalah salah satu buah yang jadi favorit di seluruh dunia. Enak dicampur ke dalam berbagai menu masakan dan minuman, stroberi juga kerap digunakan sebagai penambah aroma untuk bahan baku minuman, parfum, hingga berbagai produk kecantikan.

Tak hanya itu, banyak yang percaya bahwa buah stroberi juga memiliki khasiat baik bagi kesehatan, salah satunya mampu meningkatkan kejantanan pria. Benarkah?

Pakar gizi klinis dr Marya W Haryono, Mgizi, SpGK menyebut bahwa selain memiliki manfaat baik bagi kesehatan, konsumsi stroberi juga bisa menimbulkan efek alergi.

“Beberapa orang ada yang sensitif terhadap asam salisilat. Cara mengetahuinya kalau alergi aspirin ada kemungkinan alergi stroberi dan beri-berian. Dampaknya bisa sebabkan gatal di beberapa area, salah satunya bisa sebabkan bibir melepuh.

Berikut ini 5 fakta seputar manfaat stroberi bagi kesehataN.

1. Baik bagi penderita hipertensi

“Fakta. Stroberi kaya akan vitamin C dan antioksidan, flavonoid, dan quercetin. Itu mampu menjaga kesehatan pembuluh darah, turunkan LDL darah, mengendalikan kadar kolesterol sehingga menurunkan tekanan darah.”

2. Tingkatkan gairah seksual

“Fakta. Selain kaya antioksidan, stroberi juga mengandung selenium, dan zink yang cukup kaya. Jika kita konsumsi 100 gram perhari (5-7 butir) akan mencukupi kebutuhan zink. Zink dan selenium baik untuk meningkatkan hormon yang berkaitan dengan gairah seksual.

3. Membantu suburkan kandungan

“Karena baik tingkatkan kadar hormon, stroberi juga sangat efektif untuk meningkatkan masalah kesuburan. Jadi bagi yang sedang program hamil stroberi bagus dikonsumsi.”

4. Berbahaya bagi penderita ginjal

“Fakta. Tapi harus diperhatikan kadarnya dulu. Stroberi mengandung asam oksalat yang berbahaya bagi ginjal.”

5. Turunkan kolesterol

“Fakta. Stroberi miliki kadar kolesterol yang rendah, sementara itu seratnya tinggi jadi mengenyangkan. Selain itu juga ada zat pektin yang baik untuk pencernaan.”

RW.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *