Ini Pertimbangan Ramadhan 1437 H Dimulai Senin 6 Juni 2016

Konferensi pers Kementerian Agama di Kantor Kemenag, Jakarta, Minggu (5/6/2016).
Konferensi pers Kementerian Agama di Kantor Kemenag, Jakarta, Minggu (5/6/2016).

Beritalive РPemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriah jatuh pada Senin (6/6/2016). Dengan demikian, umat Islam di Indonesia mulai melakukan ibadah Ramadhan mulai besok.

Penetapan ini dibuat berdasarkan hasil sidang isbat yang dilakukan di Kementerian Agama, Senin (6/6/2016). Sidang isbat dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

Menurut Lukman, peserta sidang isbat yang terdiri dari bermacam organisasi masyarakat Islam, mendapatkan kesepakatan berdasarkan dua pertimbangan.

Adapun dua pertimbangan itu adalah berdasarkan metode hisab dan laporan petugas di lapangan yang melihat hilal (metode rukyat).

Menurut Lukman, dari sisi hisab, posisi hilal diketahui berada di antara 2 derajat hingga 4 derajat.

“Dari sisi hisab, posisi hilal pada tanggal 5 Juni 2016 sekitar pukul 10.00 WIB antara 2 derajat 13 menit sampai 4 derajat 6 menit dari seluruh wilayah tanah air,” kata Lukman, saat konferensi pers usai sidang isbat, Minggu.

Sedangkan, pemantauan hilal atau metode rukyat dilakukan dari 93 titik di seluruh wilayah Tanah Air.

Setidaknya enam wilayah melaporkan kepada peserta sidang isbat mengenai terlihatnya hilal. Enam wilayah itu adalah Belu (Nusa Tenggara Timur), Bangkalan (Jawa Timur), Gresik (Jawa Timur), Jombang (Jawa Timur), Bojonegoro (Jawa Timur), dan Kebumen (Jawa Tengah).

“Semuanya telah menyatakan diri di bawah sumpah telah melihat hilal,” ujar Lukman.

 

sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *