Ini Waktu Terbaik Berjemur Di Bawah Sinar Matahari Untuk Peroleh Manfaat Maksimal

Berita Live – Maka pada saat udara tengah dingin seperti saat ini, berjemur di bawah sinar matahari merupakn hal yang bisa kita lakukan. Untuk berjemur di bawah sinar matahari, sebaiknya di bawah pukul 9 ketika sinar ultaviolet B (UVB) dari matahari terbentuk sempurna, yang snagat bersemangat bagi tubuh.

” Yang (tubuh) kita perlukan itu sinar UVB dari sinar matahari, bukan ultraviolet A (UVA) maupun ultraviolet C (UVC). Sinar UVB itu di atas pukul 9,” kata dokter spesialis penuaan (geriatri) Siti saat di temui di kementrian kesehatan.

UVB punya manfaat besar karena mengandung vitamin B yang di butuhkan tulang. Vitamin D alami dari matahari ini melindungi tulang dari pengeroposan dan membuat tulang sehat.

Sinar UVB matahari juga merangsng sel – sel kulit untuk memproduksi viatmin D anda pun tidak perlu suplemen viatmin D, seperti obat = obatan atau vitamin untuk pertumbuhan tulang.

” Tidak perlu suplemen kan, ini ( jemur badan di bawah sinar matahari ) mendaoatkan viatmin D alami dan sehat,” Siti melanjutkan.

Batasi Waktu

Siti menekankan, saat berjemur tidak boleh terlalu lama, waktu berjemur bisa 10-15 menit di atas pukul 9. Namun, di atas pukul 11, lama waktu berjemur 3 menit.

” Semakin ke atas ( waktunya), sinar UVB mulai menurun. Saya, misalnya jemur badan di atas pukul 11, ya cuma 3 menit saja, kalau pukul 10 masih 5 menit,” ujar Siti yang berpraktik di RS Cipto Mengunkusumo Jakarta.

Bagian tubuh yang di anjurkan terkena paparan sinar matahari UVB meliputi tangan, lengan, wajah, punggung, dan kaki.

” Biasanya orang suka takut hitam kulitnya ya kalau kena sinar matahari. Tapi lakukan ( jemur badan) cukup tiga kali seminggu. Murah meriah bukan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari ,” tandasnya..

{cr}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *