Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kelebihan Vitamin C

BERITA LIVE – Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaatnya dapat memberikan fungsi antioksidan, memproduksi kolagen, dan memberikan fungsi imun. Melansir dari Bustle, tubuh nggak dapat memproduksi vitamin C karena itu merupakan vitamin esensial. Jadi, kamu perlu menyantap makanan atau suplemen tambahan untuk memenuhi asupan tersebut.

Namun, berapa banyak jumlah atau takaran vitamin C yang tubuhmu butuhkan? Apa jadinya jika tubuh kelebihan vitamin C. Akankah hal itu memberikan risiko berbahaya pada tubuhmu? Yuk, cari tahu selengkapnya di sini!

1. Vitamin C larut dalam air

Gambar terkait
Nggak seperti vitamin yang larut dalam lemak sehingga dapat disimpan dalam tubuh dan dapat menyebabkan efek samping, vitamin C larut dalam air. Jadi ketika sudah mendapatkan manfaat vitamin yang dibutuhkan, tubuh akan mengeluarkan sisa lebih vitamin C melalui buang air kecil. Karena ini, vitamin C dalam dosis tinggi cenderung nggak memberikan manfaat tambahan pada tubuh serta nggak menjadi racun karena nggak dapat tersimpan dalam tubuh.

2. Dosis vitamin C tinggi dari suplemen manis

Hasil gambar untuk Dosis vitamin C tinggi dari suplemen manis
Bagaimana bisa seseorang mendapatkan dosis vitamin C hingga mencapai 2,000 mg? Hal itu mungkin saja terjadi, Bela jika kamu mengonsumsi suplemen tambahan imun atau vitamin manis (yang dapat dikunyah). Namun, dosis vitamin C yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan masalah perut.

Kamu juga bisa mengonsumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi ketika nggak membaca label suplemen sebelum mengonsumsinya. Terutama jika mengonsumsi suplemen yang mengandung ascorbic acid dan makanan yang diperkaya vitamin C.

3. Oxalate dapat berasal dari sukrosa

Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kelebihan Vitamin C
Tapi ingat pada pernyataan sebelumnya kalau sisa ekstra vitamin C yang nggak digunakan oleh tubuh akan langsung dibuang melalui urin. Maka seharusnya, vitamin C nggak menjadi masalah dalam tubuh. Para dokter kemudian mengingatkan kalau oxalate yang dihasilkan dari vitamin C boleh jadi sebenarnya berasal dari sukrosa dan zat aditif lain dalam suplemen.

Kalau sudah seperti ini, nggak ada salahnya untuk menanyakan pada doktermu mengenai kandungan suplemen vitamin yang kamu konsumsi untuk menghindari dampak buruk pada kesehatanmu, Bela.

4. Boleh saja mengonsumsi vitamin C dari suplemen

Hasil gambar untuk boleh saja mengonsumsi vitamin C dari suplemen
Para dokter menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin tambahan jika santapan makanan sehatmu kurang dari yang seharusnya, yaitu 3-4 porsi setiap harinya. Karena jika kurang, tubuhmu nggak akan mendapatkan dosis vitamin C yang cukup.

Jadi, kamu dapat mengonsumsi suplemen vitamin dengan catatan harus memerhatikan label pangan tersebut. Sebab, kamu berisiko mengalami dosis vitamin C yang tinggi ketika memenuhi asupan itu dengan konsumsi suplemen tambahan, seperti minuman vitamin C atau multivitamin.

Jadi kesimpulannya, kelebihan dosis vitamin C dapat menyebabkan gangguan pencernaan serta menimbulkan rasa mual. Adapun penelitian yang menunjukkan kalau vitamin C meningkatkan risiko batu ginjal.

5. Vitamin C aman untuk tubuh

Ini yang Terjadi Jika Tubuh Kelebihan Vitamin C
Pada dasarnya, vitamin C itu aman untuk tubuh, kok. Kabar baiknya, orang-orang yang mendapatkan asupan vitamin C dari sumber yang sehat akan mendapatkan dosis yang tepat untuk tubuhnya. Sumber sehat yang dimaksudkan adalah buah dan sayuran. Sayuran dan buah-buah yang direkomendasikan dapat memberikan asupan vitamin C sehat adalah citrus, tomat, buah berry, dan sayuran hijau.

Perlu untuk kamu ingat kalau vitamin C merupakan sebuah vitamin yang larut ke dalam air sehingga ekstra dosis yang tidak terpakai oleh tubuh akan dibuang langsung melalui uerin. Sudahkah kamu mencukupi asupan vitamin C hari ini? (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *