Inilah Bahayanya Menggunakan Tusuk Gigi Sehabis Makan

BERITALIVE – Menggunakan tusuk gigi setelah selesai makan memang akan dirasa sangat baik untuk membersihkan kotoran yang ada di gigi sehabis makan, karena hal ini sangat baik sekali untuk gigi.

Namun pada sebuah kenyataan bagi orang yang terlalu sering menggunakan tusuk gigi setelah makan ternyata tidak baik juga bagi kesehatan kita. Kenapa, ya?

Bahayanya Menggunakan Tusuk Gigi

Dari pada menggunakan tusuk gigi, lebih baik kita langsung menggosok gigi atau menggunakan dental floss (benang gigi) sehabis makan.

Tapi sudah terlalu sering orang menggunakan tusuk gigi juga bisa melukai bagian mulut yang lainnya.

Seorang dokter gigi yang berasa; dari Chicago yang bernama April Grandinetti, telah menemukan bahwa dalam kesehatan pasiennya yang sudah sering menggunakan tusuk gigi sangat berbeda dengan mereka yang tidak pernah menggunakan tusuk gigi.

Melukai Gigi, Gusi, dan Mulut

Sebab tusuk gigi ini juga memiliki tekstur yang sangat keras dan bisa saja melukai gigi, gusi, dan mulut kita, sehingga terjadi luka pada dalam mulut kita.

Tusuk gigi seharusnya hanya dapat digunakan saat kita sudah benar-benar tidak bisa menemukan sikat gigi atau dental floss dan hal ini juga tidak boleh menjadi suatu kebiasaan : ucap dokter April.

Penggunaan tusuk gigi yang secara berlebihan juga bisa merusak email gigi atau bagian dari luar gigi, sehingga gigi akan menjadi lebih sensitif.

Namun pada gusi juga jadi mudah terluka, sehingga bakteri akan mudah masuk ke dalamnya, lalu terkena infeksi pun terjadi.

Bahkan, gigi yang keadaannya sudah tidak terlalu kuat pun bisa patah atau pecah.

Menyebabkan Kerusakan Akar Gigi

Jika gusi sudah terluka atau terdorong ke bagian dalam, akar gigi yang seharusnya tersembunyi di dalam gusi bisa menjadi terlihat dan muncul.

Apabila keadaannya sudah begini dan kita tetap menggunakan tusuk gigi, akar gigi yang seharusnya menjadi kekuatan gigi pun akhirnya bisa ikut rusak.

Oleh sebab itu, jangan terlalu sering menggunakan tusuk gigi sehabis makan, ya!

Lebih baik, masalah gigi sehabis makan kita atasi dengan menggosok gigi atau menggunakan benang gigi serta berkumur-kumur.

JM

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *