Inilah Fakta Luar Biasa Manfaat Mandi Air Dingin

BERITA LIVE – Mandi merupakan salah satu rutinitas yang biasa dilakukan. selain untuk membersihkan badan, manfaat air dingin ternyata dapat membuat kecantikan kulit lebih terpancar.

Dokter spesialis kulit dan kelamin asal New York, AS, Michelle Green menjelaskan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan aktivitas otak sekaligus mengurangi stres dan depresi.

Studi di Belanda juga membuktikan bahwa orang yang setidaknya mandi air dingin selama 30 detik dalam sehari memiliki 29 persen kans terhindar sakit.

Manfaat mandi air dingin akan semakin maksimal bila sebelumnya kita berolahraga, seperti yang dikatakan dokter spesialis kulit dan kelamin Kavita Mariwalla..

Saat olahraga, pembuluh darah melebar dan panas memancar melalui kulit. Dilanjutkan mandi, air dingin akan mengerutkan pembuluh darah dan membuat aliran darah tetap lancar.

Dari sisi kecantikan, mandi air dingin membuat kulit lebih segar dan muda karena air dingin mengecilkan pori-pori dan menjaga kelembapan kulit.

Tidak Lebih Dari 15 Menit

Mariwalla memberi saran sebaiknya mandi air dingin tidak lebih dari 15 menit. Jika terlalu lama disiram air dingin, bisa-bisa jari dan ibu jari kaki menjadi biru, atau kondisi yang biasa dikenal dengan nama sindrom Raynaud.

Ditekankan pula, mandi air dingin setelah beraktivitas di tempat dingin sangat tidak disarankan.

Namun, tahukah anda? Selain membuat kulit lebih terpancar kecantikannya, mandi air dingin ternyata juga dapat membantu mengurangi lemak tubuh loh! [KS]

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *