Jangan Asal Berboncengan Bisa Fatal Akibatnya

BERITALIVE – BERKENDARA dengan berbocengan hal biasa dalam berkendara, namun sebenarnya ada hal-hal penting yang harus diperhatikan agar berkendara dengan berboncengan lebih aman. Ini yang biasanya dianggap sepele bagi pengguna motor.

Yang paling penting adalah penggunaan perlengkapan safety saat berkendara misalnya helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu.

Bagi Anda yang pembawa motor, harus sadar dengan tanggung jawab keselamatan selama berboncengan. Ikuti peraturan lalu lintas selama berkendara.

Jangan lupa kalau sepeda motor didesain hanya untuk membawa 2 orang, yaitu pengemudi dan pembonceng. Ini terkait dengan kekuatan struktur, ketersediaan dan kenyamanan tempat duduk serta keamanan pada saat mengendalikan motor dengan jumlah lebih dari 2 orang.

Bila Anda baru bisa mengendarahi motor, lebih baik hindari dulu membonceng teman. Karena sudah pasti masih belum stabil dalam mengendalikan motor, apalagi mendapat beban ekstra.

Pada saat berboncengan, pengendara harusbisa mengatur pergerakan titik berat keduanya agar seirama dengan pergerakan motor. Jangan sampai saat nikung ke kiri, yang diboncengkan miring ke kanan, maka keseimbangan terganggu. Yang dibonceng selama motor melaju harus mengikuti pergerakan pergerakan pengemudi.

Berikutnya sebelum berjalan perhatikan tekanan angin ban pada saat berboncengan. Karena bila ban kurang angin maka laju motor akan berat dan melambat.

Untuk yang diboncengkan ada yang harus diperhatikan, pegang pinggang pengendara dan lutut menjepit ringan agar dapat mengikuti gerakan pengendara sehingga memudahkan kontrol motor. Ikuti gerakan teman yang mengendarai motor.

Sebaiknya hindari juga saat membonceng wanita dengan posisi miring. Motor akan jadi berat sebelah dan menyulitkan dalam pengendaliannya. Hindari juga menggunakan celana yang berumbai atau rok lebar sehingga berpotensi tersangkut kedalam roda atau rantai.(WS)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *