Jangan Keluar Rumah dengan Rambut Basah, Ini Alasannya

BERITA LIVE-

Kita tentu pernah mendengar nasihat, jangan pergi keluar rumah dengan rambut basah, karena akan membuatmu pilek. Tapi sebenarnya itu tak ada hubungannya dengan flu. Rupanya, pergi keluar dengan rambut basah di tengah cuaca dingin dapat menyebabkan kerusakan serius pada helai rambut.

Penata rambut Jason Collier, yang telah berpengalaman menata rambut para selebriti, seperti Eva Longoria dan Victoria Beckham mengatakan, bahwa udara dingin membuat rambutmu lebih rentan terhadap kerusakan. “Cuaca dingin dapat memerburuk kerontokan rambut pada rambut basah dan menyebabkan helaian rambut terputus,” jelas Collier.

“Air akan menembus batang rambut, dan dalam suhu yang lebih dingin akan membuat volume rambut mengembang, memaksa rambut untuk mengembang, mengangkat kutikula, dan membiarkan rambut terekspos kerusakan,” lanjutnya. Menurut Jason, hal tersebut akan memperkeras helai rambut, yang kemudian membuat rambut lebih mudah patah, tidak rata, dan bercabang di seluruh ujung bagian rambut – dan dalam skenario terburuk, berarti perlu memotong rambut lebih pendek.

Jason menambahkan, tidak ada alasan untuk pergi ke luar rumah dengan rambut basah pada musim hujan. Ia juga menyarankan untuk tidak mencuci rambut sama sekali jika memang tidak punya waktu untuk mengeringkannya. “Kamu bisa mencuci rambut sebelum tidur atau bangun satu jam lebih awal, agar bisa mengeringkan rambut,” kata Jason.

“Cuci rambut tidak lebih dari dua kali seminggu, ini akan mengurangi dampak pengering rambut pada rambutmu. Tapi, sebelum keluar dari pintu, pastikan rambut dikeringkan dengan benar untuk mencegah kerusakan tambahan,” pungkasnya.

(SL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *