Jarang Diketahui, Ini Kandungan Gizi Kecambah yang Sangat Sehat

Jarang Diketahui, Ini Kandungan Gizi Kecambah yang Sangat Sehat

Berita Live – Meski dijual dengan harga murah meriah di pasar, bukan berarti kandungan nutrisinya bisa diabaikan. Sebaliknya, justru kecambah atau sering juga dikenal dengan taoge ini punya kandungan gizi yang kaya dan sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kecambah sendiri berasal dari kacang hijau yang ditumbuhkan. Penelitian yang dilakukan United States Department of Agriculture menemukan bahwa kecambah memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Dalam 104 gr kecambah, memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

Kecambah kacang hijau

Kalori: 31
Karbohidrat: 6 gram
Protein: 3 gram
Vitamin C: 15% dari kebutuhan harian
Folat: 16% dari kebutuhan harian
Zat besi: 5% dari kebutuhan harian

Uniknya, kecambah justru memiliki kandungan flavonoid dan vitamin C lebih tinggi dibandingkan ketika ia hanya berbentuk biji kacang hijau, bahkan mengalami kenaikan 7 hingga 24 kali lipat, menurut penelitian yang diterbitkan dalam PubMed Central Journal of Agricultural and Food Chemistry. Makan kecambah bahkan bisa menurunkan risiko kanker.

Jadi, jangan mengabaikan kecambah ketika membelinya di pasar ya, karena meskipun murah meriah namun ternyata memiliki nutrisi yang sangat sehat.

( lc )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *