Jarang Disadari, Ini 5 Penyebab Kamu Sulit Kurus Walaupun Sudah Diet

BERITA LIVE-

Ada banyak penyebab mengapa seseorang ingin menurunkan berat badan, mulai dari ingin menunjang penampilan hingga faktor kesehatan. Salah satu cara yang dilakukan oleh kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet atau memperbaiki pola makan.

Bagi sebagian orang, diet ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat, tapi ada juga yang tetap kesulitan menurunkan berat badan walaupun sudah melakukan diet ketat. Kalau kamu termasuk salah satu yang tidak melihat kemajuan walaupun sudah diet. Mungkin kamu masih mengabaikan faktor-faktor berikut ini yang menyebabkan dietmu tidak berhasil. Yuk, simak baik-baik.

1. Kamu diet tapi tidak berolahraga

Jarang Disadari, Ini 7 Penyebab Kamu Sulit Kurus Walaupun Sudah Diet 

Tanpa olahraga yang konsisten, akan sulit untuk menurunkan berat badan. Dikutip dari laman Verywell Fit, mungkin kamu bisa menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan, hanya saja kamu mungkin akan mengalami plateau pada titik tertentu.

Tenang, kamu tidak harus menghabiskan waktu berjam-jam di gym, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengatur waktu olahraga yang wajar dan menjadi lebih aktif bergerak.

2. Kurang asupan protein

Jarang Disadari, Ini 7 Penyebab Kamu Sulit Kurus Walaupun Sudah Diet 

Protein adalah nutrisi terpenting untuk menurunkan berat badan. Menurut laman Healthline, beberapa penelitian membuktikan bahwa asupan protein dengan porsi 25-30 persen kalori total dapat meningkatkan metabolisme 80-100 kalori per hari dan membuat kamu secara otomatis makan beberapa ratus kalori lebih sedikit.

Ini dikarenakan oleh efek protein pada hormon pengatur nafsu makan, seperti ghrelin. Jadi, saat sarapan, pastikan kamu mendapatkan asupan protein. Sebab, sebuah studi dalam Nutrition Journal menunjukkan bahwa mereka yang sarapan dengan hidangan tinggi protein cenderung lebih kenyang sepanjang hari.

Asupan protein tinggi juga membantu mencegah perlambatan metabolisme, yang merupakan efek samping umum dari penurunan berat badan.

3. Kamu masih mengonsumsi minuman manis

Jarang Disadari, Ini 7 Penyebab Kamu Sulit Kurus Walaupun Sudah Diet 

Menurut laman Healthline, minuman manis adalah salah satu faktor yang paling bertanggung jawab dalam menyebabkan penggemukan. Terlebih, karena dikonsumsi dalam bentuk minuman, kamu bisa minum dalam jumlah banyak dan menambah banyak kalori tanpa menyadarinya.

Perlu diketahui, ini tidak hanya berlaku bagi minuman ringan, seperti soda, kopi, minuman berenergi, atau teh. Tapi juga minuman yang tampak sehat, seperti jus atau vitamin water, yang pada umumnya mengandung gula yang sangat banyak.

4. Terlalu sering makan

Jarang Disadari, Ini 7 Penyebab Kamu Sulit Kurus Walaupun Sudah Diet 

Salah satu mitos yang dipercaya banyak orang adalah harus makan lebih banyak makanan dalam porsi kecil setiap hari untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan. Padahal sebenarnya, studi dalam jurnal Nutrition Reviews menunjukkan bahwa frekuensi makan hanya memiliki sedikit efek atau bahkan tidak berpengaruh pada pembakaran lemak atau penurunan berat badan.

Sebaliknya, metode penurunan berat badan yang efektif adalah puasa intermiten, yaitu pola diet yang dilakukan dengan tidak makan untuk waktu sekitar 15 hingga 24 jam.

5. Sebenarnya kamu mengalami penurunan berat badan, hanya saja kamu tidak menyadarinya

Jarang Disadari, Ini 7 Penyebab Kamu Sulit Kurus Walaupun Sudah Diet 

Berat badan sangat tergantung pada makanan, hormon, juga kadar air yang disimpan tubuh. Juga, bisa jadi sebenarnya kamu mengalami penurunan kadar lemak sekaligus peningkatan masa otot di saat yang sama, sehingga seolah-olah kamu merasa tidak mengalami penurunan berat badan. Ini adalah progres yang baik, sehingga kamu tidak perlu cemas. Sebab, diet yang sehat bukan hanya perihal menurunkan massa tubuh, tapi juga menurunkan massa lemak dan meningkatkan otot.

Sebaiknya, jangan hanya gunakan berat badan sebagai standar untuk mengukur kemajuan diet. Misalnya, kamu bisa mengukur lingkar pinggang, mengamati perkembangan otot, dan berkurangnya timbunan lemak atau selulit untuk mengetahui kemajuan diet yang kamu jalani.

(Sl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *