Jelang MotoGP Spanyol: Marquez Akan Memburu Rekor Pole Rossi

BERITA LIVE– Jakarta – Rider Repsol Honda Marc Marquez ditunggu sebuah torehan di MotoGP Spanyol, akhir pekan ini. Marquez bisa saja menyamai rekor pole milik Valentino Rossi.

Marquez muncul sebagai kekuatan dominan sejak menjalani debut di kelas premier pada 2013. Pebalap berusia 26 tahun itu berhasil tampil sebagai juara dunia di lima dari enam tahun pertamanya.

Sampai saat ini, Marquez telah mencatatkan 45 kemenangan, 79 podium, dan 54 pole position dalam 111 balapan. Dengan jumlah pole itu, Marquez menjadi pebalap ketiga dengan pole terbanyak di kelas primer.

Marquez akan menyamai rekor pole Rossi [55] andai mampu start terdepan di balapan Jerez, Minggu (5/5/2019). Pebalap legendaris Mick Doohan masih memegang rekor pole terbanyak di kelas paling utama ini dengan 58 pole.

Meraih pole di MotoGP Spanyol akan menjadi tantangan tersendiri bagi Marquez. Pasalnya, Marquez baru sekali meraihnya di 2014, untuk merebut satu-satunya kemenangan di sana.

Bagaimanapun rekor itu masih bisa dicapai, mengingat Marquez selalu start di baris terdepan di empat seri lainnya. Mantan juara dunia Moto2 ini cuma sekali start dari posisi kelima, alias baris kedua.

Berikut statistik jelang MotoGP Spanyol 2019, yang dirangkum FoxSports:

7 – Tidak ada pebalap yang memenangi GP Spanyol lebih banyak daripada Rossi.

8 – Delapan dari 11 balapan GP Spanyol dimenangi oleh rider-rider Spanyol.

5 – Rossi dan Jorge Lorenzo merebut pole position terbanyak dalam sejarah balapan ini dengan lima pole.

4 – Lorenzo bisa saja finis di luar 10 besar di empat balapan pertama dalam satu musim MotoGP untuk kedua kalinya beruntun, yang pertama dalam kariernya.

54 – Marquez bisa saja menyamai Rossi [55] sebagai peraih pole terbanyak di kelas premier, hanya kalah dari Mick Doohan [58].

6 – Marquez selalu finis podium di setiap dari enam balapan MotoGP Spanyol.
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *