Jenis-Jenis Malware

BERITALIVE – Sama seperti penyakit yang menyerang manusia, penyakit digital yang bisa menyerang perangkat juga bermacam-macam. Mungkin selama ini, kamu menyebutnya sebagai virus saja. Padahal, virus hanya salah satu jenis Malware saja.

Berikut ini akan kami bagikan kepada kamu semua, tentang macam-macam malware yang bisa mengganggu perangkat kamu.

1. Adware

Adware atau Advertising-supported Software ini merupakan Malware yang berhubungan dengan iklan. Adware akan secara otomatis mengirimkan iklan yang akan mengganggu kamu. Biasanya, software gratis yang kamu download akan mengandung Adware.

 

2. Bot

Bot ialah sebuah program yang dibuat untuk menjalankan sebuah perintah tertentu dengan otomatis.Tentu saja yang dimaksud Bot disini adalah Bot yang digunakan untuk berbuat kejahatan, Contohnya adalah serangan DDos dimana ia akan memakan sumber daya web atau memori RAM engan mengirim akun Bot.

 

3. Keyloggers

Keyloggers akan merekam segala informasi yang kamu masukan dengan memakai keyboard fisik. Bagaimana dengan keyboard virtual? Bisa dibilang aman karena Keyloggers tidak punya kapabilitas untuk melakukan itu, tapi keyboard fisik sangat rentang diserang.

 

4. Ransomware

Biasanya, si penyebar Ransomware akan mengunci akses kamu ke perangkat kamu sendiri. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyandera data kamu, seperti mengunci hardisk, memunculkan pesan pop-up yang tidak dapat dihilangkan, dan lain sebagainya.

 

(IAW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *