Jokowi Bicara Betapa Pentingnya Bekraf: Ini Bisa Diubah Menjadi Sebuah Kementerian

BERITA LIVE– Bandung – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara pentingnya sisi industri kreatif dan inovatif di era industri global. Jokowi melontarkan wacana untuk mengubah Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menjadi sebuah kementerian untuk mendukung perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Jokowi menjelaskan, munculnya Bekraf di awal masa pemerintahannya memang bertujuan untuk memfasilitasi industri kreatif. Apalagi, Jokowi menilai ‘DNA’ masyarakat Indonesia adalah kreatifitas.

“Kalau saya melihat DNA kita itu di industri kreatif. Tapi kan ini belum dicek benar. Darah kita mungkin di situ. Kalau kita mau menjadi sebuah negara yang meloncat, mungkin di situ,” kata Jokowi saat menghadiri Bandung Crative City Forum, Simpul Space, Jalan Braga, Bandung, Sabtu (10/11/2018).

Dia mengatakan, sama seperti kota, sebuah negara juga harus ada pembeda dengan negara lain. Jokowi menilai, industri kreatif bisa menjadi ciri khas Indonesia dan menjadi pembeda dengan negara lain.

Karena itu, kata Jokowi, jika memang diperlukan maka Bekraf bisa saja diubah menjadi kementerian. Tujuannya untuk memompa potensi kreatif di Indonesia.

“Dan kalau memang diperlukan sebuah kementerian, Bekraf diloncatkan jadi kementerian tersendiri. Kalau memang dibutuhkan sebuah kekuatan, ya kita teliti, kitya kaji bersama,” katanya.

“Kalau memang memberi kekuatan institusi. Kita lihat saja nanti kita hitung bersama-sama,” imbuh Jokowi.
(th)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *