Kalahkan Aerodinamika Buggati, Kini Mobil Listirk Produksi Tiongkok Memilki Enam Bangku

BERITA LIVE –  Pengembangan kendaraan elektrifikasi tidak hanya berkisar pada teknologi rangkaian daya ramah lingkungan.

Produsen seperti GAC asal Tiongkok, juga mulai mempertimbangkan faktor lain seperti akomodasi penumpang sampai kelebihan secara eksterior sebagai daya tarik mobilnya.

Melalui debut dalam ajang Guangzhou Motor Show beberapa waktu lalu, GAC mempresentasikan produk konsepnya Eno 146, yang sekilas tampak sebagai sebuah sedan futuristik. Namun, hal menarik dari presentasi tersebut adalah klaim produsen asal Tiongkok itu terkait kapasitas penumpang mobilnya.

Mobil Listrik

GAC menyebut kendaraan konsepnya tersebut dirancang untuk dapat menampung enam penumpang dalam kabinnya. Hal ini seakan melenceng dari konsep kendaraan tipe sedan yang umumnya hanya dipersiapkan mengangkut empat sampai lima orang. Tetapi, tidak seluruh kapasitas penumpang tersebut dapat menyediakan tempat untuk orang dewasa.

Skema tempat duduk dari kendaraan elektrifikasi penuh ini dasarnya memakai dua baris menyerupai sedan pada umumnya. Perbedaan, sekaligus dasar konsep GAC menambah kapasitas penumpangnya, dilakukan dengan memanfaatkan ruang dalam kabin. Satu kursi penumpang untuk anak menghadap ke belakang di belakang baris pertama, sementara satu kursi lain terletak di baris ketiga.

Konsep ini ditawarkan bersamaan dengan klaim bahwa rancangan bodi kendaraan ini menghasilkan koefisien hambatan udara sebesar 0,146. Klaim angka dari GAC tersebut membuat Eno 146 memiliki tingkat aerodinamis lebih bagus dibandingkan mobil hyper Bugatti Chiron, dengan koefisien hambatan 0,35.

Uniknya sejumlah ide desain Bugatti terletak pada tampilan eksterior GAC Eno 146, yang membuatnya mampu tampil aerodinamis. Terlihat dari model penutup roda yang datar, desain pintu gullwing, hingga bagian belakang kendaraan berkesan memiliki ekor memanjang. Bahkan, GAC juga menghilangkan komponen kaca samping demi mengakomodasi aerodinamika mobil ini.

Mobil Listrik

GAC tidak menyebut target pasti kendaraan ini diproduksi secara massal untuk pasar Tiongkok. Namun, secara keseluruhan memiliki target menempatkan teknologi elektrifikasi pada seluruh kendaraan pada 2025 mendatang. Desain aerodinamis serta motor listrik berkekuatan besar berpotensi menjadikan GAC Eno 146 memecahkan rekor kecepatan Bugatti Chiron di masa depan.

(dv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *