Kebakaran di Lereng Merbabu Padam, 15 Hektar Lahan Hutan Ludes

BERITA  LIVE – Jakarta – Gerak cepat dilakukan untuk memadamkan kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Boyolali. Hingga sore ini, kawasan yang terbakar diperkirakan mencapai 15 hektar.

Warga bersama relawan dan petugas bahu-membahu memadamkan api menggunakan perlatan tradisional seperti gepyok. Selain itu juga sabit dan cangkul untuk membuat sekatan dan melokalisir api.

Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb), Johan Setiawan, mengatakan kebakaran tersebut sudah masuk kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Yaitu di wilayah Dukuh Gunungan, Desa Jeruk, Kecamatan Selo, Boyolali.

“Masuk wilayah SPTN (Seksi Pengelolaan Taman Nasional) 2 Resor Selo (BTNGMb),” jelas Johan Setiawan kepada para wartawan disela-sela mengikuti pemadaman di lokasi kebakaran, Jumat (12/10/2018).

Menurut dia, hingga sore tadi api sudah padam. Namun demikian petugas bersama warga masih melakukan pemantauan jika masih ada bara api yang menyala dan memicu kebakaran tadi. “Saya tinggal tadi sudah tidak ada api,” kata Johan.

Kawasan yang terbakar, berupa ilalang dan tanaman keras. Sedangkan luas lahan yang terbakar, pihaknya belum bisa menghitung.

“Kita masih belum bisa menghitung secara detail, cuma perkiraan kami 10 sampai 15 hektar (hutan yang terbakar),” imbuh dia.

Pihaknya mengucapkan terima kasih gerak cepat semua pihak dalam memadamkan api. Selain dari masyarakat sekitar, juga dari relawan, petugas kepolisian, TNI dan dari BTNGMb sendiri.

Terkait penyebab kebakaran, pihaknya juga belum bisa memastikan. Namun disebutkan, informasi yang diterimanya api berasal dari ladang pertanian penduduk.

Seperti diberitakan, kebakaran melanda kawasan hutan Taman Nasional Gunung Merbabu. Api diketahui muncul sekitar pukul 10.00 WIB, siang tadi. Warga masyarakat sekitar hutan dan relawan bersama petugas sudah naik ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *