Kebiasaan 10 Ribu Langkah Sehari Ternyata Tak Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan

Berita Live – Selama ini seseorang di sarankan untuk berjalan sebanyak 10 ribu langkah. Hal ini di sebut cukup baik dan bermanfaat bagi kesehatan tulang. Beberapa orang bahkan menyebut bahwa cara ini juga bisa membantu menurunkan berat badan. Benarkah?

Ternyata, berjalan 10 ribu langkah setiap hari tidak berpengaruh terhadap upaya dalam menurunkan berat badan. Walau begitu, hal ini juga bermanfaat karena bisa mengurangi aktivitas kurang gera yang kamu alami.

Hasil temuan ini di dapat melalui penlitian yang telah di publikasikan pada Journal of Obesity. Penleiti melakukan penelitian terhadap 120 mahasiswa baru di Amerika Serikat selama enam bulan dengan menghitung langkah yang mereka lakukan sehari – hari.

” Olahraga yang tidak selalu menjadi carapaling efektif untuk menurunkan berat badan. Ketika kamu menghitung langkah, kamu memiliki manfaat untuk meningkatkan aktivitas fisik. Walau begitu, hasil temuan kami tak menelaskan bahwa hal ini bermanfaat untuk mempertahankan berat badan atau mencegah bertambahnya berat badan,” terang peneliti Bruce Bailery dari Brigham Young University, Amerika Serikat.

Pada penelitian ini, partisipan berjalan 10.00, 12.500, atau 15.000 langakh setiap hari, 6 hari seminggu selama 24 minggu. Di samping itu, peneliti juga mempelajari konsumsi kalori mereka dna berat badan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi apakah berjalan lebih dari 10 ribu langkah setiap hari bisa meminimalisasi bertambahnya berat badan dan lemak pada mahasiswa baru. Namun ternyata di ketahui bahkan pada mereka yang berjalan 15 ribu langkah tetap mengalami bertambahnya berat badan. Pada berjlan 15 irbu langkan tetap mengalami bertambahnya berat badan. Pada penelitian ini, partisipan mengalami bertambahnya berat badan sekitar 1.5 kilogram.

Walau berat badan tidak mendapat dampak dari meningkatnya jumlah langkah ini, terdapat dampak positif dari aktivitas fisik berpola ini. Maka hal ini di anggap bisa berdampak positif baik bagi kesehatan maupun emosi seseorag.

Salah satu dampak positif dari penelitian ini adalah menurunnya waktu berdiam diri secara dratis. Hal ini di alami baik bagi mereka yang berjalan 12.500 atau 15.000 langkah.

Bagi mereka yang berjalan 15.000 langkah sehari, waktu berdiam diri menurun hingga 77 menit setiap hari. Walau tidak bisa membantu menurunkan berat badan hal ini bisa membuatmu lebih sehat dan bugar. {cr}

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *