Kebiasaan Sepele yang Bisa Menyebabkan Mata Panda, Sering Melakukan?

BERITA LIVE – Kebanyakan orang berpikir bahwa kantung mata dan lingkaran hitam di sekitar mata disebabkan oleh kurang tidur dan faktor genetika. Hal tersebut ada benarnya, akan tetapi masih ada faktor selain kurang tidur dan genetika yang menyenangkan kulit sekitar mata jadi kurang terawat.

Salah satu faktor yang paling berpengaruh adalah kebiasaan sehari-hari. Ya, ternyata banyak kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan setiap hari ternyata bisa membuat lingkaran hitam di sekitar mata. Apa sajakah itu? Menurut The Healthy dan Vogue, berikut beberapa di antaranya.

1. Konsumsi garam dan kafein secara berlebihan

Hasil gambar untuk 1. Konsumsi garam dan kafein secara berlebihan
Bagi sebagian orang, jika sebelum tidur mereka mengonsumsi makanan yang mengandung garam, besoknya mereka akan bangun pagi dengan kantung di bawah mata. Hal ini dikarenakan, makanan tertentu dengan kadar natrium dan kafein yang tinggi akan menyebabkan tubuh menahan air, yang salah satu dampaknya adalah menyebabkan kantung mata dan daerah sekitar mata tampak lebih gelap.

2. Sering menggosok area mata

Hasil gambar untuk 2. Sering menggosok area mata
Sejumlah aktivitas, seperti menggosok, menggaruk, hingga mengusap mata dapat menyebabkan terbentuknya lingkaran hitam. Oleh karenanya, kamu dilarang menggaruk atau memperlakukan area mata ini dengan kasar.

Untuk menenangkan area mata dan mencegah dirimu dari aktivitas menggaruk mata. Kamu bisa menggunakan masker mentimun untuk mata. Sebab mentimun dapat mendinginkan, menyegarkan, dan menenangkan mata. Ditambah, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Aging Research & Clinical Practice, mentimun memiliki sifat anti-inflamasi yang tentunya sangat baik untuk kulit mata.

3. Menatap komputer terlalu lama

Gambar terkait
Menatap komputer sepanjang hari dapat memaksa mata bekerja lebih keras, yang membuat banyak tekanan pada pembuluh darah di sekitar mata. Dan ketika pembuluh darah di sekitar mata membesar, itu membuat kulit di sekitar mata terlihat lebih gelap. Ini terjadi ketika tubuh memproduksi lebih banyak kortisol untuk melawan tekanan tambahan yang dialami otot-otot mata. Untuk itu, istirahatkan mata setiap satu jam sekali.

4. Terlalu sering terpapar sinar matahari

Hasil gambar untuk 4. Terlalu sering terpapar sinar matahari
Jika area di bawah matamu terlihat lebih kecoklatan dari waktu ke waktu, ini bisa jadi karena pigmentasi alami. Kulit di sekitar mata sangat sensitif, dan bisa jadi rusak akibat paparan sinar matahari. Karena matahari meningkatkan produksi melanin, paparan sinar matahari akan menyebabkan lingkaran hitam di area sekitar mata.

Sebagai solusi, pastikan untuk selalu menggunakan kacamata hitam dengan label perlindungan UV 100 persen atau perlindungan UV 400 yang dapat memblokir sinar matahari secara efisien.

Gimana? Apakah kamu yang sering melakukan kebiasaan di atas? Jika iya, maka itu bisa menjadi penyebab mata gelap yang selama ini kamu alami ialah karena kamu sering melakukan kebiasaan di atas. (GR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *