Kejari Lampung Utara Tangkap Oknum LSM yang Diduga Pungli Kades

BERITA LIVE – Jakarta – Kejaksaan Negeri Lampung Utara menangkap oknum anggota LSM berinisial MJ alias MP. Dia diduga melakukan pungli terhadap dua kepala desa.

“Pada hari ini, Senin, tanggal 15 Oktober 2018, Tim Intelijen Kejaksaan Negeri Lampung Utara bersama dengan Tim Buser Polres Lampung Utara berhasil mengamankan seorang oknum LSM berinisial MJ alias MP, yang diduga melakukan pungli kepada dua kepala desa di Kabupaten Lampung Utara,” kata Kepala Kejari Lampung Utara Yuliana Sagala dalam keterangan persnya, Senin (15/10/2018).

Yuliana mengatakan penangkapan tersebut awalnya berdasarkan informasi yang beredar di masyarakat mengenai adanya oknum yang meminta uang Rp 20 juta kepada dua kepala desa di Lampung Utara. Permintaan uang itu dilakukan sebagai dalih uang damai atau pengamanan atas pengelolaan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa yang dianggap tidak sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.

Sekitar pukul 14.00 WIB, pelaku ditangkap oleh tim gabungan Kejari Lampung Utara dengan Tim Buser Polres Lampung Utara. Dari penangkapan itu, tim intelijen mengamankan barang bukti Rp 6 juta.

“Penyerahan uang di kantor LSM tersebut di bilangan Jalan Etsiko Shiomi, Kotabumi, Lampung Utara. Pada operasi tangkap tangan yang dilakukan sekitar pukul 14.00 WIB, MJ berhasil diamankan beserta barang bukti berupa uang Rp 6 juta,” sambungnya.

Selanjutnya MJ dibawa ke kantor Kejari Lampung Utara untuk diperiksa. Setelah diperiksa, pelaku diserahkan ke Polres Lampung Utara untuk menjalani proses hukum dugaan pungli atau pemerasan.

“Terbongkarnya perbuatan MJ merupakan wujud sinergi antara Kejaksaan dan masyarakat dalam upaya mengungkap praktik-praktik pungli di lingkungannya. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi pemicu bagi masyarakat untuk tidak ragu melaporkan informasi tentang adanya praktik penyimpangan kepada jajaran penegak hukum,” kata Yuliana.

(AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *